DetikNews
Rabu 25 April 2018, 20:11 WIB

Masih Nggak Percaya Bahaya Miras Oplosan? Ini Buktinya

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Masih Nggak Percaya Bahaya Miras Oplosan? Ini Buktinya Anggota kepolisian membakar beberapa tetes cairan miras. (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -
Guna membuktikan jika minuman keras memiliki efek buruk bagi tubuh, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin meminta anggotanya untuk membakar contoh miras yang telah disita.

"Coba bakar, pasti bisa keluar apinya karena kandungan alkoholnya tinggi," ujar Machfud di sela-sela melakukan simbolis pemusnahan miras di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (25/4/2018).

Petugas pun menyiapkan sedikit sampel miras yang dituang ke dalam tutup botol. Begitu sampel miras itu terkena sedikit percikan dari korek, api pun langsung mencuat tak terkendali.


Bahkan beberapa personel polisi sempat kerepotan memadamkan api itu menggunakan kain.

"Bayangkan jika minuman tersebut masuk ke usus, apa ndak bikin usus terbakar," ujar Machfud.


Miras diketahui memiliki kandungan alkohol sebesar 95 persen dan sisanya adalah air. Padahal dalam beberapa kasus orang yang meninggal karena miras, mereka mencampur miras ini dengan beberapa bahan lain dan takaran yang asal-asalan.

"Ini miras oplosan baunya juga seperti spiritus," imbuh jenderal bintang dua ini.

Guna memerangi peredaran miras ilegal di masyarakat, Polda Jatim akan menggelar Operasi Mandiri Kewilayahan. Operasi ini digelar untuk menuntaskan peredaran miras, baik dari penjual maupun produsen.

"Ini akan kita laksanakan mulai besok hingga 10 hari mendatang," pungkasnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed