DetikNews
Rabu 25 April 2018, 14:55 WIB

Disediakan PDAM, Warga dengan Sumber Air Asin: Kami Keberatan Bayar

Sugeng Harianto - detikNews
Disediakan PDAM, Warga dengan Sumber Air Asin: Kami Keberatan Bayar Foto: Sugeng Harianto
Ngawi - Selama bertahun-tahun, warga di Dusun Grogolan dan Dusun Wangkuk, Desa Warukkalong, Kecamatan Kwadungan, Kabupaten Ngawi hidup dengan sumber air yang berasa asin.

Namun karena sudah berlangsung sejak lama, warga pun mengaku sudah terbiasa dengan keadaan sumber air mereka. Tak ada yang melaporkan keluhan tentang air tersebut.

Padahal air seperti ini tidak bisa digunakan untuk keperluan memasak. Untuk memasak, warga harus mengambil air dari desa lain yang berjarak 4 km dari tempat tinggal mereka atau membelinya.


Terkait persoalan ini, pemerintah Kabupaten Ngawi mengaku telah turun tangan.

"Upaya Pemkab Ngawi sudah ada sumber air dari PDAM di Desa Warukkalong, yang penyalurannya sampe dusun tersebut," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ngawi, Setiyono ketika dihubungi detikcom, Rabu (25/4/2018).


Sutiyono menambahkan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk Bupati Ngawi untuk membahas sumber air yang berasa asin di dua dusun tersebut.

Kendati demikian, sebagian warga mengaku keberatan dengan fasilitas air PDAM yang telah disediakan oleh pemerintah setempat.

Alasan utamanya adalah biaya pendaftaran untuk mendapatkan fasilitas tersebut dinilai mahal.


"Cuma sedikit mas yang menyalur air PDAM. Warga sini kan mayoritas petani kecil jadi keberatan kalau membayar PDAM. Warga memilih beli air sunber desa sebelah lebih murah," ungkap salah satu warga RT 2 RW 1 Dusun Grogolan, Samiyo (50).

Diberitakan sebelumnya, hanya air yang ada di sumur-sumur warga Dusun Grogolan dan Wangkuk yang terasa asin. Fenomena serupa tidak terjadi di dusun/desa lainnya. Menurut warga, air itu hanya bisa dimanfaatkan untuk keperluan tertentu seperti mencuci baju atau peralatan rumah tangga saja. Untuk mandi pun terasa kering di kulit.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed