Air Sumur Asin, Begini Tanggapan Kadin Lingkungan Hidup Ngawi

Sugeng Harianto - detikNews
Rabu, 25 Apr 2018 13:17 WIB
Sumber air di sumur Rebi, salah satu warga. (Foto: Sugeng Harianto)
Ngawi - Sumber air di Dusun Grogolan dan Dusun Wangkuk, Ngawi sudah lama berasa asin seperti air laut. Bahkan pemerintah setempat juga dibuat terheran-heran.

"Saya juga ndak tahu dan heran kenapa asin. Kalau di Dusun Grogolan dan Wangkuk sejak dulu memang rasanya agak asin airnya," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ngawi, Setiyono saat dihubungi detikcom, Rabu (25/4/2018).

Dikatakan Setiyono, sumber air di kedua dusun itu sudah berasa asin sejak ia belum lahir. Kebetulan Setiyono memang warga asli Desa Warukkalong.


Dugaannya, penyebab sumber air di kedua dusun berasa asin adalah adanya cekungan dalam tanah yang mengandung mineral garam sejak zaman purba.

"Jadi sebelum saya lahir kondisi sudah seperti itu. Airnya rasa asin seperti air laut. Kemungkinan pada jaman purba di daerah situ ada cekungan yang terdapat kandungan mineral garamnya," jelasnya.


Namun diakui Setiyono, selama ini belum pernah ada penelitian yang dilakukan untuk mengungkap penyebab pasti air di dua dusun tersebut berasa asin seperti garam.

"Belum ada penelitiannya tentang penyebab air asin itu," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, hanya air yang ada di sumur-sumur warga Dusun Grogolan dan Wangkuk yang terasa asin. Fenomena serupa tidak terjadi di dusun/desa lainnya. Menurut warga, air itu hanya bisa dimanfaatkan untuk keperluan tertentu seperti mencuci baju atau peralatan rumah tangga saja. Untuk mandi pun terasa kering di kulit. (lll/lll)