DetikNews
Rabu 25 April 2018, 13:11 WIB

Polisi Musnahkan Miras, Botolnya Dilindas Alat Berat

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Polisi Musnahkan Miras, Botolnya Dilindas Alat Berat Sebanyak 21 ribu botol miras dimusnahkan (Foto: Deni Prastyo Utomo)
Surabaya - Polisi memusnahkan 21 ribu botol minuman keras (miras). Miras-miras tersebut merupakan hasil dari Operasi Tumpas Semeru 2018. Miras dimusnahkan dengan cara dilindas.

"Yang dimusnahkan ini adalah miras oplosan dan miras ilegal yang menelan korban jiwa. Ini merupakan hasil razia tumpas semeru selama 10 hari," ujar Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan saat pemusnahan miras di halaman Polrestabes Surabaya, Rabu (25/4/2018).

Selain memusnakan puluhan ribu botol miras, polisi juga melakukan proses hukum terhadap mereka yang mengonsumsinya. Mereka dijerat dengan pasal tindak pidana ringan (tipiring).

Puluhan ribu botol miras ini hasil dari Operasi Pekat Semeru 2018Puluhan ribu botol miras ini hasil dari Operasi Pekat Semeru 2018 (Foto: Deni Prastyo Utomo)

"Kami juga menindak 497 orang dengan tipiring kepada peminumnya," kata Rudi.

Selain miras, polisi juga melakukan pemusnahan narkoba yakni 507,92 gram sabu, 3.500.164 butir pil koplo dan 48,98 gram ganja gorila.

"Barang bukti narkoba tersebut kami amankan dari 150 tersangka," ujar Rudi.

Pemusnahan tersebut dihadiri oleh perwakilan Pemkot Surabaya, Danrem 084 Bhaskara Jaya, kepala BBPOM, ulama kota Surabaya, dan juga tokoh masyarakat dari 31 kecamatan di Surabaya dan Karang Taruna.

Polisi, TNI, tokoh masyarakat, dan tokoh agama deklarasi melawan mirasPolisi, TNI, tokoh masyarakat, dan tokoh agama deklarasi melawan miras (Foto: Deni Prastyo Utomo)

Rudi mengimbau kepada seluruh steakholeder, tokoh masyarakat, dan tokoh agama untuk bersama-sama menghentikan peredaran miras oplosan dan narkoba.

"Mari kita bersama memerangi dan tumbuhkan daya tangkal agar masyarakat tidak menyelesaikan persoalnya melalui minum-minuman keras. Hentikan peredarannya, hentikan penjualanya. Kita totalitas secara bersama-sama bekerjasama hentikan miras oplosan untuk Kota Surabaya," ujarnya.

Deklarasi anti miras pun didengungkan. Lalu semua tokoh masyarakat, tokoh agama dan TNI/Polri secara simbolis memusnakan ribuan miras. Pemusnahan dilanjutkan dengan mengunakan alat berat yang melindas semua botol miras.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed