DetikNews
Selasa 24 April 2018, 19:03 WIB

Pelaku Penggandaan Uang Nyaru Tokoh Agama Dibekuk, Ini Modusnya

Zaenal Effendi - detikNews
Pelaku Penggandaan Uang Nyaru Tokoh Agama Dibekuk, Ini Modusnya 4 Pelaku penggandaan uang dibekuk/Foto: Zaenal Effendi
Surabaya - Pelaku penggandaan uang berpura-pura sebagai tokoh agama, yang dilakukan 4 orang memiliki kesamaan, meski dari dua kelompok berbeda.

"Korban disuruh melakukan wiridan dan konsentrasi dalam sebuah kamar hotel oleh pelaku. Saat sudah konsentrasi, pelaku membawa kabur uang yang dibawa korban," kata Kapolres Tanjung Perak AKBP A Agus R di Mapolres Tanjung Perak, Selasa (24/4/2018).

Agus menambahkan, korban ada yang sudah beberapa kali terkena tipu pelaku dari keompok lain. "Jadi masing-masing kelompok penipuan dengan kedok sama itu menginformasikan ke kelompok lain dan itu yang dilakukan dua kelompok ini," tambah Agus.


ST, salah satu pelaku mempraktekkan adegan yang dilakukan agar upaya menipu korban berhasil. ST mengaku sebelum membujuk korban, dia terlebih dulu mendapat informasi identitas korban dari kelompok penipu lainnya.

"Sebelum saya telepon, saya doa doain agar saat telepon korban percaya dan mau menemui saya di sebuah kota yang saya perintahkan," kata ST.

Setelah bertemu, ST membawa keliling kota sebelum masuk ke sebuah hotel untuk dilakukan aksi penipuan. "Setelah di kamar, saya bilang kalau rezekimu bisa lebih dari uang yang dibawanya. Tapi saat mau diberi uang, saya berpura pura tidak mau, padahal juga mau. Setelah itu saya suruh wiridan dan konsentrasi. Saat itu uangnya akan diberikan kepada fakir miskin dan anak yatim, saat itu saya bawa lari," ungkap ST.
(ze/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed