DetikNews
Senin 23 April 2018, 12:00 WIB

Pesta Miras Oplosan Berujung Maut Tewaskan Tiga Warga Surabaya

Fatichatun Nadhiroh - detikNews
Pesta Miras Oplosan Berujung Maut Tewaskan Tiga Warga Surabaya Jenazah Wahyudi diautopsi ke RS Bhayangkara/Foto: Deny Prastyo Utomo
FOKUS BERITA: Maut Miras Oplosan
Surabaya - Tiga warga Surabaya tewas usai pesta miras oplosan di Gang 4 Kelurahan Pacar Keling, Tambaksari. Mereka yakni Totok Pramudji Arianto (49), Samsul Hidayat (28) dan Wahyudi (52).

Pesta miras digelar Sabtu (21/4) mulai pukul 20.00 WIB hingga Minggu (22/4) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Saat itu, Samsul dan Wahyudi tampak sudah minum. Keduanya dikenal warga sebagai peminum.

Sementara saat melihat Totok sedang keluar rumah, keduanya mengajak untuk bergabung. Totok yang sudah sakit liver mengiyakan dan minum beberapa gelas. Pesta itu sendiri digelar berpindah-pindah.



"Beberapa saat kemudian, Totok mengaku sakit pada lambungnya. Lalu dibawa ke RSU dr Soetomo, namun nyawanya tidak tertolong dan meninggal," kata Ketua RT 03 RW 12, Hariandi.

Penyidik mengambil sidik jari salah satu korban pesta miras/Penyidik mengambil sidik jari salah satu korban pesta miras/ Foto: Deny Prastyo Utomo


Totok pun meninggal pukul 03.00 WIB dan dimakamkan Minggu siang. Selanjutnya Wahyudi meninggal pukul 12.00 WIB di rumahnya Pacar Keling Gang 4, setelah sebelumnya mengeluh sakit pada lambung. Saat itu Hariandi ikut membopong Wahyudi. "Saya sempat menolong pakdhe saya (Wahyudi). Ketika saya bopong mulutnya mengeluarkan busa di mulutnya," jelas Hariandi.

Saat yang bersamaan, Samsul Hidayat yang pulang ke rumah kakaknya di Kedung Tarukan juga meninggal. Sedianya, Samsul akan mempersunting gadis pujaannya asal Sidoarjo, minggu depan.


Sementara untuk mengetahui para korban keracunan miras oplosan atau tidak, Wahyudi diautopsi ke RS Bhayangkara Polda Jatim. Polisi pun tidak tinggal diam. 3 Warga yang menemani 3 korban tewas pesta miras turut diamankan.

Dari pengakuan 3 saksi berinisial SN (50), WH (38), GD (53), ini polisi akhirnya mengamankan penjual dan peracik miras. Mereka yakni, KS (59), GS (47) dan S (54).

Ini lokasi pesta miras di Gang 4 Pacar Keling/ Ini lokasi pesta miras di Gang 4 Pacar Keling/ Foto: Deny Prastyo Utomo


KS (59) yang diduga penjual miras eceran diamankan di kawasan Oro-Oro 1 No 26 Pacar Keling Tambaksari, Surabaya. Sementara GS (47) yang juga berjualan di Pacar Kembang 3 No 70 turut diamankan. Sedangkan S (54) yang berperan sebagai peracik miras juga diamankan di tempat tinggalnya di Bulak Setro Utara No 15.


"Setelah kami amankan peracik di kawasan Kenjeran, ternyata cara pembuatannya cukup simpel. Dengan mencampurkan alkohol 95 persen yang diperoleh dari toko kimia dengan alasan untuk membuat makanan. Kemudian Alkohol tersebut dicampur dengan air putih sulingan dan ditakar dalam botol kemasan 600 mililiter," jelas Rudi.

Setelah dikemas, jelas Rudi, peracik kemudian menjual ke pengecer dengan harga Rp 25 ribu. Dan dijual kembali oleh pengecer kepada konsumen seharga Rp 50 ribu.

"Itulah yang diminum oleh ketiga korban yang dicampur dengan bir," kata Rudi.

Kapolrestabes pamer barang bukti miras oplosan/Kapolrestabes pamer barang bukti miras oplosan/ Foto: Deny Prastyo Utomo


Kini, baik Wahyudi dan Samsul Hidayat sudah dimakamkan pagi tadi pemakaman Karanggayam Teratai, Jalan Sawentar. Keluarga pun ikhlas melepas kepergian keduanya.

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
FOKUS BERITA: Maut Miras Oplosan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed