DetikNews
Minggu 22 April 2018, 19:18 WIB

Dipicu Cemburu, Pria di Jember Ini Tega Cekik Istri Hingga Tewas

Yakub Mulyono - detikNews
Dipicu Cemburu, Pria di Jember Ini Tega Cekik Istri Hingga Tewas Lokasi suami cekik istri di Jember/Foto: Yakub Mulyono
Jember - Ami Budiarti (35), warga Jember, ditemukan tewas di kamar rumahnya. Warga Jalan Hos Cokroaminoto, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, tewas dengan luka cekikan di leher. Diduga kuat dilakukan oleh suaminya sendiri, Iwan Bastian (40).

"Yang bersangkutan (Iwan Bastian, red) melakukan perbuatan itu karena yang pertama desakan ekonomi, yang kedua karena cemburu," kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo saat memberi keterangan kepada wartawan, Minggu (22/4/2018).

Menurut Kusworo, sejak awal Januari lalu, Iwan berhenti dari pekerjaannya di salah satu studio foto modern. Di sisi lain, diapun dituntut secara ekonomi untuk kebutuhan istri dan anaknya.

"Kemudian (korban) ada perubahan sikap dan perilaku, termasuk perubahan penampilan, sehingga yang bersangkutan (Iwan Bastian, red) berfikiran macem-macem, berfikir ada pihak ketiga," jelas Kusworo.

Semenjak itu, Iwan dan Ami sering ribut. Puncaknya, sekitar pukul 01.30 dinihari, Iwan mencekik Ami yang saat itu sedang tertidur.

"Hasil visum yang kita lakukan dengan petugas medis, itu menandakan adanya patah pada tulang leher," ungkap Kusworo.

Saat ini, Iwan Bastian masih menjalani pemeriksaan intensif di Polres Jember. "Pelaku kita kenai Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan dengan ancaman 15 tahun penjara," tegas Kusworo.

Sementara itu sejumlah tetangga mengaku tidak pernah melihat keduanya bertengkar. Bahkan, kehidupan rumah tangga mereka cenderung tertutup.

"Selama saya mengenal pelaku ataupun istrinya, tidak pernah ada pertengkaran. Namun cenderung tertutup karena sama-sama bekerja. Bahkan jika pulang setelah magrib, pelaku itu hanya sebentar pulang untuk memberi makan peliharaan lelenya," ujar salah seorang tetangga, Adi Winarto.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed