DetikNews
Kamis 19 April 2018, 17:19 WIB

Pilgub Jatim 2018

Fatma Saifullah Yusuf: Perempuan Bisa Sukses Karena Jasa Kartini

Rahma Lillahi Sativa - detikNews
Fatma Saifullah Yusuf: Perempuan Bisa Sukses Karena Jasa Kartini Foto: Istimewa
Surabaya - Bagi perempuan Indonesia, Kartini selalu bisa membawa motivasi tersendiri. Kartini juga mendorong perempuan Indonesia untuk bisa sukses dengan caranya sendiri.

Inilah yang diyakini Ummu Fatma Saifullah Yusuf, istri calon gubernur Jatim nomor urut 2 Saifullah Yusuf.

"Di era saat ini, banyak perempuan-perempuan yang memperjuangkan kesetaraan gender yang sukses di bidangnya masing-masing. Tentu raihan sukses perempuan itu tidak bisa dilepaskan atas peran dan jasa Kartini," kata Fatma, saat mengisi Seminar Wirausaha Bersama Anne Avantie, di Gedung Sri Jaya, Surabaya, Kamis (18/4/2018).

Menurut Fatma, Anne Avantie merupakan sosok perempuan masa kini yang bisa menjadi contoh. Apalagi kesuksesan perempuan yang terkenal dengan rancangan kebayanya ini berimbas positif pelaku industri kreatif.

Fatma juga mengagumi kepedulian sosial yang dimiliki Anne. "Dengan jiwa welas asih dalam kepedulian sosial yang tinggi, Bunda Anne Avantie telah mengayomi para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Saya secara pribadi sangat bangga atas kiprah Bunda Anne Avantie," lanjutnya.

Dalam kurun waktu yang sangat panjang, tambah Fatma, Anne juga telah membuktikan kegigihan dan keteguhannya dalam berkarya. Terbukti hingga saat ini tetap berdiri tegar dalam usaha, karya serta perjuangannya.

"Saya juga meyakini bahwa memang tidak ada jalan bertabur emas untuk meraih keberhasilan. Jadi dibutuhkan perjuangan dan kucuran keringat untuk meraih kesuksesan itu," ungkapnya.

Fatma pun mengajak pewirausaha perempuan Jatim untuk belajar pada sosok Anne tentang kiatnya hingga bisa meraih kesuksesan seperti sekarang ini.

Anne Avantie dalam kesempatan ini mengatakan, keberhasilan tidak harus diraih dengan ilmu yang dipelajari secara formal. Contohnya ada pada Anne sendiri yang mengaku hanya lulusan SMP.

Baginya yang terpenting adalah ketekunan dan kemauan yang kuat. "Demikian pula ketika saat usaha kita sudah baik, ternyata masih saja dijumpai kendala. Seperti adanya para pengekor, produk kita dicontek habis-habisan. Tapi tetap diyakini saja bahwa para pengekor itu tidak mungkin berada di depan kita," paparnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed