DetikNews
Senin 16 April 2018, 12:19 WIB

Program KA Gratis untuk Motor Pemudik Digelar Lagi

Sugeng Harianto - detikNews
Program KA Gratis untuk Motor Pemudik Digelar Lagi Foto: Sugeng Harianto
Madiun - Jelang mudik hari raya Idul Fitri tahun 2018, PT KAI DAOP 7 Madiun memberikan pelayanan pengiriman kendaraan bermotor gratis. Akan ada 8 gerbong kereta barang yang disiapkan untuk program ini.

"Rangkaian kereta api angkutan motor gratis (KA Motis) ini untuk menyambut mudik lebaran. Nanti terdiri dari 8 B (kereta barang), dengan kapasitas 1 kereta maksimal 58 motor," jelas Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Supriyanto kepada detikcom, Senin (16/4/2018).

Itu berarti total lebih dari 460 sepeda motor bisa diangkut secara cuma-cuma dengan program ini. Namun Supriyanto menegaskan, program ini hanya untuk sepeda motor dan bukan penumpang.

Bagi pemudik yang berminat mengikuti program ini, pendaftaran dapat dilakukan secara online. Pendaftarannya sendiri terbagi dalam dua tahap. Tahap I dimulai sejak tanggal 9 Februari 2018 hingga 9 Mei 2018, sedangkan Tahap II dimulai tanggal 10 Mei 2018 hingga 24 Juni 2018.

"Kita telah siapkan posko pendaftaran di masing-masing stasiun yang disinggahi, jadi semoga dapat dimanfaatkan kesempatan ini," harapnya.

Pendaftaran juga berlaku untuk arus balik (contraflow). Namun pendaftaran akan ditutup apabila kuota telah terpenuhi.


Pemudik yang ingin ikut serta dalam program ini wajib memenuhi sejumlah persyaratan seperti wajib memiliki SIM dan STNK yang masih berlaku, serta wajib membawa STNK, SIM, KTP, KK asli beserta masing-masing 3 (tiga) lembar foto copy dari dokumen-dokumen tersebut.

Supriyanto menambahkan, motor yang boleh dititipkan kereta gratis ini juga tidak boleh dimodifikasi atau mendapatkan aksesoris tambahan.

Kaca spion juga wajib dilepas dan dibawa pemilik atau pemudik. Motornya juga harus bisa distandar tengah serta dilengkapi dengan pegangan di belakang jok. Sedangkan helm juga dibawa sendiri oleh pemudik.

Seperti biasa untuk kepentingan keamanan, tangki bahan bakar motor harus kosong saat akan diangkut. Kemudian kunci sepeda motor diberikan kepada petugas ekspedisi atau panitia pelaksana saat program berlangsung.

Adapun untuk stasiun tujuan pengiriman sepeda motor di Daerah Operasi 7 Madiun, yaitu Madiun, Kertosono, Kediri, Tulungagung dan Blitar. Penumpang yang melewati rute stasiun Jakarta Gudang, Cikarang, Cirebon Prujakan, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Madiun, Kertosono, Kediri, Tulungagung dan Blitar juga bisa 'numpang' di kereta ini.


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed