DetikNews
Jumat 13 April 2018, 20:29 WIB

Black Spot Jadi Fokus Polisi untuk Jalur Mudik di Jatim

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Black Spot Jadi Fokus Polisi untuk Jalur Mudik di Jatim Pos polisi mobile di Gresik untuk penanganan black spot (Foto: istimewa)
Surabaya - Jelang mudik lebaran dua bulan mendatang, polisi akan membenahi beberapa titik black spot atau titik rawan kecelakaan yang ada di Jawa Timur. Tujuan utamanya tentu saja demi keselamatan pemudik.

"Di Jatim ada beberapa titik black spot, itu yang menjadi atensi kami. Kami benahi agar tidak terjadi kecelakaan di titik black spot tersebut," ujar Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Heri Wahono usai membuka Rakernis Lantas Polda Jatim di Gedung SIER, Rungkut Industri Surabaya, Jumat (13/4/2018).

Menurut Heri, di Jawa Timur terdapat banyak titik rawan kecelakaan. Dia mengatakan titik ini hampir ada di setiap kabupaten atau kota.


"Lumayan banyak hampir setiap kabupaten kota ada titik black spot. Kami upayakan agar tidak ada titik tersebut," tambahnya.

Untuk yang paling rawan saat mudik, kata Heri, ada di daerah Pantura. "Seperti kita lihat sendiri, daerah pantura itu titik black spot paling banyak. Mulai daerah Ngawi hingga Jombang ada beberapa titik," tambah Heri.

Untuk itu mempermudah persiapan jelang mudik, Heri membagi daerah di Jatim menjadi enam jalur untuk mudik. Enam jalur ini yakni Jalur Utara, Jalur Tengah, Jalur Selatan, Tapal Kuda dan Banyuwangi, Jalur Madura, hingga Jalur Tol. Tak lupa, Heri juga menambahkan jalur Jalur Wisata untuk persiapannya.


"Termasuk jalur wisata mulai dari Batu sampai Pandaan, kami siapkan sebagai jalur wisata karena itu cukup padat dan ramai apalagi waktu liburan," ujar Heri.

Dalam hal ini, pihaknya mengatakan akan ada penempatan anggota pada jalur tersebut. Selain untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan kepadatan arus lalu lintas, Heri berharap langkahnya ini bisa menciptakan kenyamanan pada masyarakat.

"Kami berikan kenyamanan pada masyarakat pengguna jalan," harapnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed