'Sumur' Misterius di Sungai Itu Ternyata Spillway Era Belanda

'Sumur' Misterius di Sungai Itu Ternyata Spillway Era Belanda

M Rofiq - detikNews
Rabu, 04 Apr 2018 15:19 WIB
Oleh warga, lubang itu disebut sumur misterius. Ternyata spillway peninggalan Belanda. (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Ramai keberadaan lubang sumur di tengah aliran sungai di Desa Sumberbulu, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, membuat Dinas Pekerjaan Umum Pemkab setempat angkat bicara. Lubang mirip sumur di tengah sungai dipastikan spillway.

Kepala Bidang Sumber Daya Alam (SDA) Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Probolinggo, R Oemar Sjarif, mengatakan, lubang di tengah sungai Desa Sumbersuko, Kecamatan Tegalsiwalan, merupakan alat pembuangan untuk mengantisipasi adanya banjir, terutama saat hujan.

"Itu spillway. Selain antisipasi banjir, fungsinya juga sebagai lubang pembuangan air untuk irigasi sawah," kata Oemar saat dihubungi detikcom, Rabu (4/4/2018).

[Gambas:Video 20detik]



Oemar menyampaikan, sistem siphon atau spillway dinilai sangat efektif dalam pengaturan air. Sistem ini menggunakan sistem gravitasi sehingga air akan tertekan secara sendirinya jika volume air mengalami kenaikan.

Menurut Oemar, spillway di sungai tersebut merupakan bangunan peninggalan Belanda. Banyak ditemukan di sebuah waduk atau bendungan. Fungsinya lebih ke irigasi.

"Air di bendungan atau waduk bisa dialirkan ke beberapa titik dan sejumlah wilayah," tegas Oemar.


Lubang menganga di sungai ramai didatangi warga setelah ada yang memposting foto dan video beberapa hari terakhir. Disebutkan, ada 'sumur' misterius di tengah sungai. Banyak yang penasaran. (trw/trw)