detikNews
Rabu 28 Maret 2018, 10:51 WIB

Mirip Nama Cagub Jatim, Remaja Ini Didoakan Jadi Orang Besar

Muhajir Arifin - detikNews
Mirip Nama Cagub Jatim, Remaja Ini Didoakan Jadi Orang Besar Khofifah Indar Parawansa dan ibunya, Dewi Aminah. (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan - Namanya Khofifah Indar Parawansa (18). Ya, Anda tidak salah baca. Nama gadis asal Kota Pasuruan ini memang mirip dengan salah satu calon Gubernur Jatim 2018.

Ayah Khofifah, Slamet memang sengaja memberi nama itu untuk anak keempatnya tersebut.

"Ayahnya dulu mengidolakan Bu Khofifah. Dia (Khofifah, red) kan aktif di perempuan (Muslimat dan Menteri Peranan Perempuan, red). Katanya Bu Khofifah peduli perempuan, gitu," kata ibu Khofifah, Dewi Aminah (45), saat ditemui detikcom di rumahnya, Rabu (28/3/2018).

Aminah mengaku sempat takut memberi nama putrinya dengan nama mantan Menteri Sosial itu dan meminta suaminya untuk mengurungkan niatnya. Namun sang suami tetap bersikeras.

"Suami bilang kalau lahir diberi nama itu. Sempat saya melarang tapi bapaknya tetap saja. Katanya, ini doa semoga jadi orang pintar," terangnya.


Namun malang bagi Khofifah. Meski memiliki nama serupa tokoh nasional, Khofifah atau yang lebih akrab disapa Indar terpaksa putus sekolah saat duduk di bangku kelas 2 SD. Penyebabnya adalah keterbatasan ekonomi.

"Ayahnya meninggal 12 tahun lalu. Sejak itu dia nggak sekolah," ungkap Aminah.
Mirip Nama Cawagub, Remaja Ini Didoakan Ayahnya Jadi Orang BesarKhofifah memperlihatkan akta kelahiran dan surat keterangan pengganti e-KTP miliknya. (Foto: Muhajir Arifin)

Kini keseharian gadis pendiam dan murah senyum itu membantu ayah tiri dan ibunya berjualan tahu tek di Jalan Niaga, Pasuruan.

Dari pernikahan dengan Slamet, Aminah dikaruniai 5 orang anak dan Indar adalah anak keempat. Sepeninggal Slamet, Aminah menikah lagi dengan Zainul (28) dan dikaruniai 3 orang anak.

Saat ini Aminah, suami beserta ke-8 anaknya tinggal bersama di sebuah rumah yang ada di dalam gang sempit, tepatnya di Jalan Halmahera 9, RT 09/RW 05, Gadingrejo, Kota Pasuruan. Meski demikian, keluarga ini tampak rukun dan bahagia.

"Ya bapaknya yang sambungan (Zainul, red) menganggap semua anaknya," lanjut Aminah.

Meski tak sekolah, Indar tampak sebagai gadis yang cerdas. Ia juga tak merasa minder karena tak sekolah.

"Setiap hari saya membantu ibu berjualan. Setelah pulang ya di rumah sama adik-adik," kata Indar, sembari menunjukkan akta lahir dan surat keterangan pengganti E-KTP. Di kedua surat tersebut tertera nama lengkapnya, Khofifah Indar Parawansa.

Mirip Nama Cawagub, Remaja Ini Didoakan Ayahnya Jadi Orang BesarSurat keterangan pengganti e-KTP. (Foto: Muhajir Arifin)

(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com