DetikNews
Selasa 27 Maret 2018, 20:08 WIB

Universitas Brawijaya Hadirkan Ekosistem Digital di Lingkungan Kampus

Muhammad Aminudin - detikNews
Universitas Brawijaya Hadirkan Ekosistem Digital di Lingkungan Kampus Foto: Istimewa
Malang - Telkomsel menjalin kerja sama strategis dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) dalam mendukung perkembangan teknologi finansial di lingkungan kampus.

Kerja sama diwujudkan melalui implementasi transaksi digital di kantin FISIP UB. Penandatanganan digelar di gedung FISIP UB oleh Manager Telkomsel Branch Malang Egi Nataatmaja dan Dekan FISIP UB Prof Dr Unti Ludigdo, Selasa (27/03/2018).

"Kerja sama Telkomsel dengan FISIP UB merupakan perwujudan komitmen kami untuk memperkuat ekosistem keuangan digital, termasuk di tingkat universitas. Lingkungan kampus menjadi salah satu fokus utama misi edukasi kami tahun ini, guna mendukung terciptanya gaya hidup digital sejak dini serta mendorong terwujudnya less-cash society di Indonesia," ungkap Manager Telkomsel Branch Malang Egi Nataatmaja seperti dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Egi menambahkan, kerja sama ini sangat istimewa mengingat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya adalah yang pertama menerapkan Digital Ecosystem Campus (DEC) di Malang Raya. Implementasinya berupa transaksi non-tunai menggunakan TCASH, layanan uang elektronik dari Telkomsel pada kantin FISIP UB.

"Selain aman dan nyaman bagi mahasiswa, kami percaya adanya transaksi non-tunai dengan TCASH turut membantu memberdayakan pengusaha kecil di lingkungan kampus," sambungnya.
Universitas Brawijaya Hadirkan Ekosistem Digital di Lingkungan KampusFoto: Istimewa


Sekitar 6 merchants telah tersedia di lingkungan kampus FISIP UB dengan menerapkan fitur QR Code yang diharapkan dapat memudahkan mahasiswa bertransaksi non-tunai dalam kegiatan perkuliahan sehari-hari.

Saat ini, TCASH, layanan uang elektronik dari Telkomsel telah melayani lebih dari 15 juta pelanggan yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia, dengan lebih dari 50.000 merchant outlets yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara non-tunai.

Tak hanya itu, aplikasi TCASH juga telah diunduh sekitar tiga juta kali di platform Android maupun iOS. Khusus untuk wilayah Jawa Timur, saat ini terdapat lebih dari satu juta pelanggan, dengan jumlah pelanggan TCASH terbesar berada di Surabaya.

FISIP UB sendiri menyambut baik inisiasi cashless society Telkomsel melalui T-cash yang rencananya diujicobakan pertama kali di FISIP UB untuk Perguruan Tinggi se-Malang Raya.

Dalam kesempatan yang sama, Telkomsel dan FISIP UB juga berkomitmen untuk menyelenggarakan sesi kuliah tamu dan program magang bagi untuk mahasiswa atau mahasiswi Universitas Brawijaya.

Universitas Brawijaya Hadirkan Ekosistem Digital di Lingkungan KampusFoto: Istimewa

(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed