Pengelola Ijen Pasang Imbauan Penutupan, Ini Reaksi Pengunjung

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 23 Mar 2018 15:10 WIB
Taman Wisata Alam (TWA) Ijen/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Ijen untuk sementara menutup destinasi wisata di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso. BKSDA Wilayah V Banyuwangi memasang papan imbauan di sekitar gerbang masuk menuju kawah Ijen. Selain itu, BKSDA juga menginformasikan imbauan tersebut ke pelaku jasa pariwisata.

Pantauan detikcom di lapangan, beberapa spanduk imbauan penutupan terpampang di area Paltuding, Ijen. Imbauan penutupan sementara itu terpampang dari pintu masuk dari Banyuwangi maupun Bondowoso.

"Pemasangan mulai kemarin, dipasang di jalan masuk menuju Paltuding dan jalur menuju pendakian Paltuding," kata Kepala Resort Taman Wisata Alam (TWA) Ijen KSDA, Sigit Ariwibowo, kepada detikcom, Jum'at (23/3/2018).


Tak hanya imbauan pihaknya juga memberikan informasi lewat WA kepada penyedia jasa, seperti pemilik hotel, homestay dan lainnya.

Meski demikian, kata Sigit, masih banyak wisatawan yang berkunjung ke TWA Ijen. Mereka bisa menerima adanya penutupan tersebut.

"Masih banyak wisatawan terutama yang dari arah barat (Bondowoso)," ungkapnya.

Pihaknya memastikan, sampai saat ini tidak ada aktivitas di puncak Gunung Ijen, baik bagi wisatawan dan penambang belerang.

"Kalau untuk danau sih warnanya sudah bagus, tapi ya itu masih ada sisa material yang ada di situ. Harapannya dapat segera dibuka kembali," ujarnya. (fat/fat)