DetikNews
Kamis 22 Maret 2018, 05:41 WIB

2 Warga Ijen yang Diduga Hirup Gas Belerang Dilarikan ke RS

Chuk S Widrasha - detikNews
2 Warga Ijen yang Diduga Hirup Gas Belerang Dilarikan ke RS Warga pingsan diduga hirup gas belerang Kawah Ijen. (Foto: Chuk S Widarsha/detikcom)
Bondowoso - Dua warga Desa Kalianyar, Ijen, yang diduga gas belerang Kawah Ijen dievakuasi ke RSUD dr Koesnadi Bondowoso. Keduanya dirujuk karena mengalami dampak cukup parah.

Menurut tenaga medis Puskesmas Ijen, dr Dimas, dua orang itu mengalami sesak napas, mual dan muntah-muntah. "Keduanya harus segera mendapat perawatan medis lebih intensif," kata Dimas saat dihubungi detikcom, Kamis (22/3/2018).

Data yang berhasil dihimpun, sampai saat ini ada 24 orang warga Desa Kalianyar yang mendapat perawatan medis di Puskesmas Ijen. Jumlah itu diperkirakan masih akan bertambah. Sebab proses evakuasi masih terus dilakukan.


Menurut keterangan warga, bau gas belerang muncul sekira pukul 19.00 WIB, Rabu (21/3). Bau itu makin lama makin kuat dan mengakibatkan puluhan orang lantas mulai berjatuhan hingga pingsan.

Puluhan warga yang pingsan lantas dievakuasi ke puskesmas. Pada saat bersamaan ratusan warga di 2 wilayah perkebunan mengungsi ke beberapa desa sekitar yang lebih jauh dari Kawah Ijen.

[Gambas:Video 20detik]


(trw/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed