DetikNews
Selasa 20 Maret 2018, 22:08 WIB

Pilgub Jatim 2018

Seberapa Besar Peran Cawagub dalam Mendulang Suara?

M Aminudin - detikNews
Seberapa Besar Peran Cawagub dalam Mendulang Suara? Foto: Grafis: Andhika Akbarayansyah/detikcom
Malang - Poltracking dalam surveinya merilis elektabilitas dan popularitas cagub Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sangat besar. Jauh di atas cawagub Emil Elistianto Dardak dan Puti Guntur Soekarno. Jadi, seberapa besar peran cawagub dalam Pilgub Jatim 2018?

Pengamat politik Universitas Muhammadiyah Malang Wahyudi mengatakan kepada detikcom, Selasa (20/3/2018), Puti memiliki track record anggota DPR RI dan kurang populer di masyarakat Jawa Timur.

"Jika populer kurang, pastinya elektabilitasnya. Sedangkan Emil Dardak, banyak terkonsentrasi di daerah Mataraman (Kediri hingga Ngawi), daerah lain tidak. Jadi keduanya kurang dalam memberikan dukungan," urai Dekan FISIP Universitas Muhammadiyah Malang ini.


Menurut dia, kecelakaan bagi Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul ketika ditinggalkan Abdullah Azwar Anas dan harus berpasangan dengan Puti.

"Dengan kondisi seperti, cawagub harus lebih kerja keras, dalam meraih simpati. Meski dari segi figur cagub mereka telah memiliki elektabilitas tinggi," tuturnya.

Terpisah, dosen FISIP Universitas Brawijaya Wawan Sobari, menyebut selama ini yang cenderung menonjol adalah cagub. Khofifah dan Gus Ipul yang sama-sama memiliki basis di Nahdlatul Ulama bakal menunjukkan persaingan ketat dalam pendulangan suara.

"Emil yang baru beberapa tahun di Jawa Timur, tidak cukup bisa mendongkrak suara. Berbeda dengan Khofifah yang jelas basisnya dan pendukung karena organisasi (Muslimat) yang dipimpinnya di lingkungan NU," kata Wawan.

"Untuk Puti yang tidak beda jauh, dia saat ini bisa memanfaatkan sebagai trah Soekarno. Tapi ternyata itu juga belum mendongkrak Gus Ipul. Karena ukuran suara dengan head to head sangat ketat, yang bekerja terlihat jelas Khofifah dan Gus Ipul," bebernya.


Menurut dia, beban berat akan ditanggung parpol pengusung untuk memaksimalkan elektabilitas kedua pasangan calon saat peran cagub lebih mendominasi dibandingkan cawagub.

"Tim pemenangan dan parpol harus bekerja keras, karena ini juga menunjukkan head to head, pertarungan ketat Gus Ipul dan Khofifah dalam merebut suara," tandasnya.

Berdasarkan survei Poltracking pada 6-11 Maret 2018, separuh responden kenal dengan Emil. Popularitas Emil lebih baik dibanding Puti. Akankah popularitas mereka bisa menanjak dalam waktu 3 bulan ke depan?
(trw/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed