DetikNews
Kamis 15 Maret 2018, 17:38 WIB

Jatim Smart, Program Digital untuk Ekonomi yang Siap Dirilis

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Jatim Smart, Program Digital untuk Ekonomi yang Siap Dirilis Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Untuk meningkatkan perekonomian daerah, Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengaku memanfaatkan perkembangan teknologi. Salah satunya dengan 'Jatim Smart'.

"Jadi kita bulan Mei nanti akan punya 'alat' yang dinamakan Jatim Smart," ujar Pakde Karwo sapaan akrabnya saat membuka Pameran Gelar Kriya Dekranasda Jatim di Grand City Mall, Jalan Walikota Mustajab, Surabaya, Kamis (15/3/2018).

Rencananya, aplikasi yang merupakan hasil kerjasama antara Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) denan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Jatim ini akan menampilkan etalase produk ekonomi Jatim dalam dunia digital.

Sistem kerja aplikasi ini adalah membantu penjualan produk-produk unggulan di Jatim, baik melalui pameran maupun digital.


Namun 'Jatim Smart' bukanlah program digital pertama yang dikembangkan Pemprov Jatim. Sebelumnya, ada East Java Investment Super Corridor (EJISC) yang dikelola Dinas Penanaman Modal dan PTSP Jatim.

Layanan ini berbentuk dashboard investasi berbasis web yang memberikan kemudahan berinvenstasi di Jatim.

Selain soal pemasaran, Pakde Karwo juga mengingatkan para pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produknya. Baginya, kemasan juga merupakan hal yang utama, karena peningkatan cara penyajian kemasan akan meningkatkan penjualan pula.

"Biasanya kalau kemasannya unik-unik, orang banyak yang suka," tambah Pakde Karwo.


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed