Jalan Perum di Sidoarjo yang Didemo Karena Rusak Diperbaiki

Suparno - detikNews
Jumat, 02 Mar 2018 14:38 WIB
Foto: Suparno
Sidoarjo - Sempat memicu unjuk rasa ibu-ibu kompleks, jalan rusak yang dikeluhkan warga Perumahan Delta Sari Indah dan Delta Sari Baru nampaknya akan segera diperbaiki.

Hal ini diungkapkan pihak pengembang, PT Hasana Damai Putra Grup. Pihaknya mengaku mulai hari ini akan memperbaiki infrastruktur perumahan yang dikeluhkan oleh warga. Perbaikan yang akan dilakukan yakni peninggian jalan dan pavingisasi.

"Perbaikan infrastruktur yang pertama dikerjakan di sekitar areal boozem, sementara arus lalin akan dilakukan contra flow," kata Johanes Sukiman, pimpinan PT Hasana Damai Putra Grup kepada wartawan di Perum Delta Sari Waru Sidoarjo, Jumat (2/3/2018).

Baca juga: Takut Jatuh dan Jambret, Emak-emak Sidoarjo Unjuk Rasa Jalan Rusak

Johanes menambahkan, perbaikan infrastruktur ini diawali dengan peninggian jalan diuruk dengan tanah, baru kemudian dilakukan pavingisasi. Untuk paving, pihaknya juga akan menggunakan dua jenis: paving abu-abu dan paving berwarna atau bermotif.

"Untuk jalan tingginya sekitar 20 cm agar terhindar genangan air," tambah Johanes.

Diperkirakan, peninggian jalan berikut pavingisasi ini akan selesai dalam kurun tiga minggu.
Jalan Perum di Sidoarjo yang Didemo Karena Rusak Akhirnya DiperbaikiFoto: Suparno

Dalam kesempatan yang sama, Johanes juga mengatakan jika perbaikan jalan ini akan diikuti dengan perbaikan saluran air karena saluran yang sudah ada mengalami sedimentasi. Pengembang pun berniat membuat bak kontrol yang nantinya diletakkan di depan rumah warga.

"Nanti sebelum kita akan melakukan, kita akan sosialisasikan ke warga," imbuhnya.

Solusi lain yang ditawarkan Johanes untuk mencegah munculnya genangan di tengah jalan, pihaknya juga akan membuat kolam penampungan air. Namun kolam ini baru akan dibuat pada saat sudah tidak ada hujan.

"Program ini bukan dari tuntutan warga. Sudah program kerja dari developer sejak Desember 2017," pungkasnya. (lll/fat)