detikNews
Rabu 28 Februari 2018, 13:13 WIB

Debit Air Sungai Bengawan Solo Naik, Tanggul Wedok Longsor

Eko Sudjarwo - detikNews
Debit Air Sungai Bengawan Solo Naik, Tanggul Wedok Longsor Tanggul Wedok Bengawan Solo longsor/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Tanggul Wedok Sungai Bengawan Solo di Lamongan, longsor. Longsornya tanggul di Desa Gedangan, Kecamatan Maduran, ini membuat warga, BPBD, kecamatan, Dinas PU Pengairan menahan longsor susulan dengan kayu dan anyaman bambu.

Camat Maduran, Harwah Yutomo membenarkan salah satu titik Tanggul Wedok di wilayahnya longsor dan amblas ke sungai.

"Tanggul luar atau tanggul yang ada sliding atau longsor ada di Desa Gedangan dengan panjang longsor sekitar 100 meter dan kedalaman sliding mencapai 4 meter," ungkap Harwah, Rabu (28/2/2018).

Harwah menuturkan, Tanggul Wedok longsor karena debit air Bengawan Solo naik. Longsornya tanggul ini sudah terjadi sejak Sabtu (24/2) lalu. "Pihak BPBD, kecamatan, Dinas PU Pengairan dan warga sudah bergotong royong menangani tanggul ini agar tidak jebol," ungkap Harwah.

Sementara Kasi Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lamongan, Jannata SMP menuturkan, penanganan yang sudah dilakukan di antaranya dengan memasang tiang bambu dengan anyaman bambu.

"Selain itu, di sekitar tanggul juga sudah diberi karung yang berisi pasir," ungkap Jannata.

Tanggul Wedok di pinggir Sungai Bengawan Solo sudah 2 kali longsor. Sementara banjir yang terjadi di 6 kecamatan mulai surut. Status Bengawan Solo di Lamongan pun sudah turun ke siaga kuning.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed