DetikNews
Jumat 23 Februari 2018, 18:18 WIB

Cegah Aksi Serupa, Ortu Pemberi Rokok ke Bayi Diawasi Pamong Desa

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Cegah Aksi Serupa, Ortu Pemberi Rokok ke Bayi Diawasi Pamong Desa Foto: Dok. Istimewa
Surabaya - Pasutri M (36) dan U (18) diamankan polisi karena memberi rokok pada bayinya yang berusia 9 bulan. Motifnya iseng. Polisi melibatkan dinas kesehatan, dinas sosial, LSM, hingga psikiater untuk mendampingi pasutri asal Desa Tlomar, Kecamatan Tanah Merah, Bangkalan tersebut.

"Sudah diproses orangtuanya. Proses diikuti tim kepolisian, kesehatan, dinas sosial, LSM anak, dan psikiater," kata Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M Ridha via pesan WhatsApp, Jumat (23/2/2018).

Polisi memberi teguran keras ke pasutri tersebut. Ada tanda tangan pernyataan agar perbuatan tak diulangi. Pasutri pemberi rokok ke bayi mengaku menyesal. Untuk sementara, setelah dilepas polisi, mereka akan diawasi.

"Pemerintah desa sebagai pengawas ortu nanti," jelas Anis.

Baca juga: Iseng, Alasan Ortu Memberi Rokok ke Bayi 9 Bulan

Aksi memberi rokok ke bayi pada Sabtu (17/2) jadi ramai setelah foto diunggah ke media sosial. Muncul banyak kecaman, termasuk dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Tindakan pasutri itu dinilai tak pantas dilakukan.

"Anak usia balita itu treatment-nya masih sangat tergantung pada orang tua. Itu akan jadi kebiasaan pada diri anak. Itu kan menanamkan kebiasaan, tentu hal ini perlakuan yang salah kepada anak," kata komisioner Bidang Pengasuhan KPAI Rita Pranawati, Rabu (21/2/2018).
(trw/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed