DetikNews
Kamis 22 Februari 2018, 09:40 WIB

Banjir 1 Meter, Jalur Pantura Pasuruan Lumpuh

Muhajir Arifin - detikNews
Banjir 1 Meter, Jalur Pantura Pasuruan Lumpuh Jalur pantura Pasuruan lumpuh/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Sungai Welang yang membelah wilayah Kabupaten dan Kota Pasuruan kembali meluap. Luapan air merendam pemukiman dan Jalan Raya Kraton, Pasuruan hingga 1 meter. Jalur pantura pun lumpuh.

"Banjir di jalan raya ini mencapai 1 meter. Kalau di pemukiman mencapai 1 meter setengah hingga 2 meter. Kami tutup jalur dan mengalihkan kendaraan ke Purwosari," kata KBO Lantas Polresta Pasuruan, Iptu Yudi Prasetyo, di lokasi, Kamis (22/2/2018).

Luapan Sungai Welang merendam ribuan rumah di Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan serta Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan sejak dini hari tadi. Air kemudian merendam jalan raya mulai pukul 04.00 WIB dan jalur ditutup 2 jam kemudian.

Jalur Pantura Pasuruan Lumpuh/Jalur Pantura Pasuruan Lumpuh/ Foto: Muhajir Arifin


"Kami menutup jalur mulai pukul 06.00 WIB. Semua kendaraan dari Probolinggo kami hadang agar tak masuk ke jalur ini dan diarahkan ke Purwosari. Begitu juga yang dari arah Surabaya, kami koordinasi denga Polres Kabupaten untuk diarahkan ke Pandaan," terang Yudi.

Banjir yang merendam jalan raya lebih besar dari peristiwa sebelumnya. Mulai dari Simpang Tiga Ngempit, Kraton hingga Simpang Tiga Karangketug, tertutup air. Sementara biasanya banjir yang merendam jalan raya hanya sampai Jembatan Kraton.

"Banjir ini lebih besar dari sebelum. Air mulai meluap sejak tadi malam dan besar pada subuh tadi," ungkang Ihsan, salah seorang warga.

Hingga pukul 09.00 WIB, banjir di jalan raya belum menunjukkan tanda surut. Ratusan kendaraan terutama roda dua terjebak macet. Pengendara roda dua yang tak sabar menunggu air surut memanfaatkan jasa becak untuk melintasi banjir. Mereka naik becak bersama motornya untuk diantar ke seberang.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed