DetikNews
Sabtu 17 Februari 2018, 20:30 WIB

Begini Kondisi Keluarga Pria di Magetan yang Bacok 4 Tetangga

Sugeng Harianto - detikNews
Begini Kondisi Keluarga Pria di Magetan yang Bacok 4 Tetangga Foto: Sugeng Harianto
Magetan - Sutini, istri , Wahyudi (35) pelaku pembacokan terhadap 4 orang dengan sabit mengaku bukan hanya suami yang mengalami gangguan jiwa. Karena, dua iparnya juga sama-sama mempunyai gangguan jiwa.

Wahyudi memiliki 2 saudara kandung yang juga memiliki riwayat penyakit gangguan kejiwaan. Kakak pertama Kasiyem (56) tinggal di sebelah kanan rumah Wahyudi. Sementara kakak kedua, Kasjum (43) tinggal se-rumah dengan Sutini beserta anaknya.

"Memang kayaknya faktor keturunan gangguan jiwa semua. 3 Bersaudara yang pertama itu kalau kambuh suaranya keras kalau ngomong. Dan yang kedua yang se-rumah ini hanya diam saja. Tapi meski diam istri pelaku juga takut trauma," jelas Slamet, tetangga pelaku saat ditemui detikcom, di rumah Sutini, Sabtu (17/2/2018).

Baca Juga: Hamil 6 Bulan, Begini Kecemasan Istri Pria yang Ngamuk Bacok Tetangga

Slamet khawatir dengan kondisi Sutini saat ini. Ditambah lagi saat ini Sutini masih se rumah dengan kakak kandung Wahyudi yang juga mengidap gangguan jiwa.

"Saya berharap kepolisian bisa menbantu keamanan istri pelaku yang masih trauma. Jangan sampai terulang kembali," tambah Slamet.

Hal senada juga diungkapkan Wiji, kerabat salah satu korban pembacokan yang meninggal. Faktor keturunan gangguan jiwa dalam keluarga Wahyudi, memang ada dari leluhur. Beberapa saudara kandung Wahyudi mengalami gangguan jiwa.

Baca Juga: Pria yang Ngamuk Bacok 4 Tetangga di Magetan Pernah Bunuh Diri

"Memang itu tak dipungkiri. Faktor keturuan memang ada. Karena semua saudaranya ada 3 seperti itu. Saya juga kasihan dengan anak dan istri pelaku. Semua masih famili kita," terang mbah Wiji (65) kepada detikcom.

Diketahui Wahyudi (35), warga Dusun Babar, Desa Bulugung, Kecamatan Plaosan, Magetan, mengamuk di rumahnya dan tetangga. Dia membacok 4 tetangga, satu di antaranya tewas.

Wahyudi mengamuk usai mencari rumput, Jumat (16/2) sekitar pukul 16.30 WIB. Para tetangga berusaha menenangkan, 4 di antaranya malah jadi sasaran pembacokan. Korban diketahui semua tetangga pelaku.

Baca Juga: Pria Asal Magetan Ngamuk Bacok 4 Tetangga Pakai Sabit, 1 Tewas

Korban tewas atas nama Sutopo (70). Sedangkan korban luka adalah Waginem (53), Painem (50), dan Sutris (40). Jari tengah tangan kiri Waginem putus dan Painem luka di kepala. Sementara Sutris luka memar pada pelipis mata sebelah kiri akibat tendangan pelaku. Ketiganya dirawat di RSUD dr Sayidiman Magetan.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed