DetikNews
Selasa 12 Desember 2017, 13:03 WIB

Wabup Trenggalek 'Ngantor' di Desa, Ini Respon Bupati Emil

Adhar Muttaqin - detikNews
Wabup Trenggalek Ngantor di Desa, Ini Respon Bupati Emil Wabup Trenggalek M Nur Arifin memeluk warganya/Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Program 'ngantor' dengan tidur di rumah warga miskin di desa yang dilakukan Wakil Bupati (Wabup) Trenggalek M Nur Arifin mendapat respon dari Bupati Emil Elestianto Dardak.

Emil mengapresiasi langkah wakilnya. Namun, ia menilai kegiatan menginap di rumah warga tersebut tidak sama persis dengan konsep program 'ngantor' di desa seperti yang dijanjikan pada masa kampanye 2015 lalu.

Wabup Trenggalek 'Ngantor' di Desa, Ini Respon Bupati EmilWabup M Nur Arifin foto bersama warga/istimewa


Baca Juga: Wabup Trenggalek Ngantor di Desa, Warga Ramai-ramai Curhat

Namun hal tersebut justru dianggapnya merupakan salah satu bentuk inovasi dalam berkomunikasi dengan warga.



"Kalau yang dimaksud ngantor di desa itu konsepnya adalah, bupati itu turun langsung ke kantor para kepala desa. Jadi bukan kepala desa kami undang ke kantor kecamatan, tapi kami yang turun langsung ke kantor desa," ujarnya, Senin (11/12/2017).

Wabup Trenggalek 'Ngantor' di Desa, Ini Respon Bupati EmilFoto: Emil Dardak (Ari Saputra/detikcom)


Ia mengaku diam-diam telah melakukan rangkaian kegiatan ngantor di desa di beberapa lokasi. Seperti Tasikmadu Kecamatan Watulimo, Desa Ngulungkulon Kecamatan Munjungan, kantor Desa/Kecamatan Munjungan maupun Desa Pule.

Baca Juga: Emil Dardak Tak Masalah Beda Sikap Politik dengan Wakilnya

"Di Tasikmadu kami menyelesaikan persoalan-persoalan terkait penataan kawasan Prigi, kemudian di Ngulungkulon kami membahas mengenai JLS (Jalur Lintas Selatan)," imbuhnya.

Emil mengaku program ngantor di desa akan terus dilakukan secara rutin dengan berkeliling dari desa satu ke desa yang lain. Namun menurutnya kegiatan tersebut lebih bersifat internal dan tidak selalu dipublikasikan.

"Jadi ini dilaksanakan ya memang kita tidak publikasi dan tidak bawa media, namun komunikasi langsung dengan kepala desa. Dengan ngantor di desa kami bisa memacahkan beberapa masalah dengan kepala desa langsung di kantor desa," katanya.

Baca Juga: Menginap di Rumah Warga, Ini Temuan Wabup Trenggalek

"Karena konteksnya bagaimana biar saya paham denyut nadi permasalahan desa langsung dari kantor kepala desa," katanya.

Ditambahkan, terkait kegiatan yang dilakukan maupun wakil bupati gelar merupakan bentuk sinergi untuk saling membantu dalam mempercepat proses pembangunan maupun melakukan penyerapan aspirasi masyarakat Trenggalek.

Baca Juga: Demokrat dan Golkar Usung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

Namun Emil yang maju Pilgub Jatim 2018 berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa memastikan telah merestui kegiatan yang dilakukan wakilnya tersebut.

"Jadi Mas Wabup itu koordinasi dengan saya, beliau punya ide, mas dulu waktu kampanye saya pernah menginap di rumah masyarakat bagaimana kalau dilaksanakan. Saya bilang wah bagus sekali," ungkap Emil.

Menurutnya, kegiatan yang telah dilaksanakan di beberapa desa tersebut dinilai cukup positif, karena selain bisa menyapa langsung masyarakat juga sekaligus untuk mengetahui kondisi perkembangan pembangunan di tingkat desa.

Baca Juga: Ketika Wabup Trenggalek Bicara MCK hingga Pilgub Jatim 2018

Ditambahkan, terkait kegiatan yang dilakukan maupun wakil bupati gelar merupakan bentuk sinergi untuk saling membantu dalam mempercepat proses pembangunan maupun melakukan penyerapan aspirasi masyarakat Trenggalek.

"Penyerapan aspirasi yang maksimal dapat membantu pemerintah daerah dalam menentukan arah pembangunan yang tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat," katanya.

Baca Juga: Wabup Trenggalek Ikuti Rapat Pemenangan Gus Ipul-Anas

Diberitakan Wabup Trenggalek M Nur Arifin memiliki kegiatan rutin yang dilakukan setiap pekan. Ia tidur di rumah warga miskin di desa secara bergiliran untuk menggali aspirasi dan melihat langsung pembangunan dan pelayanan aparat desa kepada masyarakat.
(ugik/ugik)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed