DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 19:46 WIB

Ketika Wabup Trenggalek Bicara MCK hingga Pilgub Jatim 2018

Adhar Muttaqin - detikNews
Ketika Wabup Trenggalek Bicara MCK hingga Pilgub Jatim 2018 Wabup Trenggalek M Nur Arifin diapit dua warganya/Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Program 'berkantor' dan menginap di rumah warga desa yang dilakukan Wakil Bupati (Wabup) Trenggalek Mochammad Nur Arifin tidak hanya sebatas pada menggali curhat masyarakat.

Namun wabup termuda se Indonesia ini juga melakukan sejumlah kegiatan, mulai bedah rumah hingga meninjau pelayanan di kantor desa. Misalnya usai menginap di rumah milik Tukiyo di Desa Salamwates, Kecamatan Dongko, wabup meninjau lokasi spot 'Brak Sinto' yang rencananya akan dikembangkan menjadi lokasi wisata andalan desa.

Selain itu orang nomor dua di Pemkab Trenggalek juga meninjau langsung kegiatan bedah rumah di dua lokasi yang merupakan bentuk kerjasama warga, pemerintah daerah dengan Baznas.

"Bedah rumah ini adalah salah satu upaya pengentasan kemiskinan dengan menyiapkan rumah yang lebih layak huni dan sehat. Selain itu ini dikerjakan oleh warga dengan sistem gotong royong," katanya, Kamis (7/12/2017).

Pihaknya mengaku, kegiatan bedah rumah tersebut telah digulirkan di sejumlah desa dengan menyasar keluarga yang kurang mampu dengan kondisi rumah yang tidak layak huni.

Wabup yang biasa disapa Cak Ipin ini berharap, selain menciptakan lingkungan sehat, kegiatan tersebut juga bisa memupuk tumbuhnya rasa gotong royong di antara warga.

Cak Ipin mengakui, dari beberapa kali menginap di rumah warga, banyak problem mendasar yang ditemukan di lapangan, salah satunya terkait sanitasi dan ketersediaan air bersih.

Dikatakan, banyak di antara warga di wilayah pegunungan yang belum memiliki fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus) secara layak, kondisi ini dikhawatirkan akan memicu berbagai persoalan kesehatan dan lingkungan.

"Makanya kami akan berupaya dengan penyediaan fasilitas MCK komunal, sehingga warga ini bisa lebih terjamin. Dan yang paling penting tidak buang air besar sembarangan atau di sungai," imbuhnya.

Usai memantau langsung program bedah rumah, dia langsung menuju kantor Desa Salamwates untuk meninjau langsung pelayanan kepada masyarakat umum.

Ia berharap aparatur pemerintah desa mampu meberikan pelayanan yang maksimal terhadap seluruh warganya, sehingga semua kebutuhan menyangkut surat-menyurat maupun yang lain bisa terlayani dengan baik.

Yang menarik, dalam rangkaian kegiatan tersebut Wabup sempat mendapat pertayaan dari warga terkait pencalonan Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak menjadi bakal calon wakil gubernur Jatim mendampingi Khofifah Indar Parawansa.

Ia menegaskan tidak terpengaruh dengan dinamika politik menjelang Pilgub Jatim 2018. Cak Ipin memastikan hingga saat ini, dirinya bersama Bupati Emil tetap konsentrasi untuk membangun Trenggalek.

"Kalaupun nanti Pak Bupati benar-benar maju ya kami serahkan kepada masyarakat semuanya untuk dipilih atau tidak. Yang jelas, misalkan Pak bupati terpilih maka dia masih akan tetap menjadi bupati sampai 2019, kalaupun tidak, maka akan menjadi bupati hingga akhir jabatan," jelasnya.

Wabup Cak Ipin meminta seluruh warga masyarakat untuk tetap guyub rukun menjaga persatuan dan kesatuan dan tidak terpecah belah karena proses politik yang terjadi di Jawa Timur.
(ugik/ugik)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed