Tanggul Lumpur Lapindo Dikabarkan Jebol, Kapolresta Sidoarjo: Itu Hoax

Suparno - detikNews
Selasa, 28 Nov 2017 09:49 WIB
Foto: Suparno
Foto: Suparno
Sidoarjo - Beredar informasi di media sosial terkait tanggul lumpur Lapindo di Porong, Sidoarjo, jebol. Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji membantah kabar tersebut. Bersama Humas Pusat Pengendalian Lumpur Sidaorjo (PPLS) Hengky Listria Adi, kapolresta meninjau lokasi.

"Jalan Raya Porong banjir bukan karena tanggul penahan lumpur jebol, itu tidak benar. Itu Hoax," kata Kapolresta Himawan kepada wartawan di exit tol yang masih tergenang air, Selasa (28/11/2017).

Menurut Kapolresta Himawan, berita hoax tersebut tersebar sejak Senin (27/11). Pihaknya sudah berkoordinasi dengan PPLS. Dan dinyatakan tanggul penahan lumpur dalam kondisi aman.

"Semua titik tanggul penahan lumpur masih aman dan kokoh, air yang berada di jalan ini hanya luapan dari sungai dan intensitas curah hujan tinggi," tegas Himawan.

Hingga kini Jalan Raya Porong lama ini ditutup total. Pengguna jalan yang melintas dialihkan ke jalan arteri dan menyebabkan kepadatan.

"Masyarakat yang melanjutkan perjalanan melintas di wilayah Porong, hendaknya bersabar. Ikuti rambu-rambu yang ada dan anggota polisi yang mengatur lalin," jelasnya.

Berikut informasi yang beredar di media sosial.

Buat rekan rekan yg ke surabaya...
Untuk jembatan Porong di tutup...
Semua kendaraan di alihkan ke Watu kosek, mojosari...
Yg mau ke surabaya lewat Tol aja...

Lapindo jebol jln biasa TIDAK BISA dilewati.... rel Ka terendam. Imbas nya tol keluar gempol.....MACET cet..
Yg mau ke tretes pandaan & malang macet grek


Sementara Humas PPLS Hengky Listria Adi membenarkan jika tanggul lumpur tidak ada yang jebol. "Tidak ada yang jebol, justru kita membantu mengerahkan semua pompa agar banjir ini berkurang," tambahnya. (fat/fat)