DetikNews
Jumat 24 November 2017, 20:13 WIB

Tanggul Sungai Unut Jebol, 3 Dusun di Sutojayan Blitar Tergenang

Erliana Riady - detikNews
Tanggul Sungai Unut Jebol, 3 Dusun di Sutojayan Blitar Tergenang Banjir menggenangi tiga dusun di Sutojayan, Blitar (Foto: istimewa)
Blitar - Hujan deras sejak siang membuat tanggul Sungai Unut kembali jebol. Tiga Dusun dilaporkan tergenang dengan ketinggian air sekitar 30 cm.

"Kami terima laporan Sungai Unut tidak mampu menampung debit air dari gunung akibat hujan deras sejak tadi siang. Jebolnya sekarang di sisi Utara sepanjang 10 meter," kata Camat Sutojayan Muslih saat dihubungi detikcom, Jumat (24/11/2017) malam.

Akibatnya, air meluap menggenangi areal persawahan dan permukiman. Ratusan rumah di tiga Dusun mulai kemasukan air.

"Saat ini tiga dusun kondisinya tergenang. Yang parah di Dusun Bacem, Sumberejo dan Gondanglegi. Ada yang sudah masuk rumah airnya, tapi kami belum bisa merekap jumlah total rumah yang terdampak meluapnya Sungai Unut ini," tambahnya.

Banjir dikarenakan tanggul Sungai Unut jebolBanjir dikarenakan tanggul Sungai Unut jebol (Foto: istimewa)
Sementara itu, anggota Babinsa Sutojayan, Bagyo menginformasikan, wilayah yang ketinggian airnya paling parah terjadi di RT 1,2, dan RW 5. Dikhawatirkan, jika hujan masih turun sampai malam, ketinggian air akan semakin parah.

"Ini rumah di tepi jalan Bacem airnya sudah masuk. Kalau sampai malam tetap hujan, airnya bisa makin tinggi," katanya di ujung telepon.

Wilayah Kelurahan Sutojayan selalu dilanda banjir. Posisi Sungai Unut yang melingkar melewati persawahan desa itu, selalu menjadi penyebab utama banjir yang melanda.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed