detikNews
Rabu 22 November 2017, 13:55 WIB

Tiga Warga Terindikasi Antraks di Bondowoso, 1 Orang Negatif

Chuk S. Widarsha - detikNews
Tiga Warga Terindikasi Antraks di Bondowoso, 1 Orang Negatif Foto: Chuk S. Widarsha/File
Bondowoso - Tiga warga Bondowoso terindikasi (suspect) antraks beberapa waktu lalu. Namun hasil uji laboratorium menyatakan 1 orang negatif dan 2 lainnya belum keluar.

Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso, dr M. Imron menjelaskan, sesuai hasil uji laboratorium yang telah keluar beberapa hari sebelumnya, satu orang hasilnya memang dinyatakan negatif.

"Yang lain belum keluar hasilnya. Mudah-mudahan juga begitu (negatif)," katanya, saat dikonfirmasi di kantornya, Rabu (22/11/2017).

Dia mengaku, dugaan adanya orang yang terindikasi terserang antraks sangat berpengaruh pada pola hidup masyarakat, terutama di daerah Tlogosari.

"Masyarakat di daerah itu jadi takut mengkonsumsi daging, terutama daging sapi dan kambing," ujarnya.

Baca Juga: Tiga Warga Bondowoso Suspect Antraks

Karena bagi masyarakat awam, kata dia, antraks hanya menyebar saat mengkonsumsi daging hewan tersebut atau hanya menyentuhnya, lalu langsung terpapar bakteri cukup mematikan itu.

"Padahal pola penyebarannya relatif kompleks. Tidak begitu makan langsung tertular," pungkasnya.

Indikasi antraks di Tlogosari bermula dari temuan petugas Puskesmas setempat yang mencurigai beberapa orang yang sakit kulitnya tak kunjung sembuh. Luka itu mirip gejala antraks.

Begitu ada temuan itu, pihak Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian setempat langsung ke lapangan menyelidiki secara detil dan mengambil sampel mereka yang terindikasi antraks.

Selain itu petugas juga mengambil sampel tanah, air, serta hewan ternak di lingkungan sekitar orang yang terindikasi antraks. Sampel tanah itu lantas diteliti. Penelitian itu untuk mengetahui potensi penyebaran bakteri antraks tersebut.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com