Puluhan Staf Medis RS di Bondowoso Tuntut Gaji Sesuai UMK

Chuk S. Widarsha - detikNews
Selasa, 24 Okt 2017 13:41 WIB
Foto: Chuk S. Widarsha
Bondowoso - Puluhan staf dan tenaga medis RS Kusuma Bhakti Bondowoso, menggelar unjuk rasa. Mereka menuntut pihak managemen segera membayarkan hak-haknya.

Dalam aksinya, selain berorasi di halaman depan RS, mereka juga meneriakkan yel-yel dan membentangkan poster berisi tuntuan.

"Aksi ini terpaksa dilakukan karena kami ingin menuntut hak-hak. Di antaranya hak gaji yang selama ini kurang layak," kata Hastono, koordinator aksi di lokasi, Selasa (24/10/2017).

Dia menguraikan, sekitar 30 tahun para staf dan tenaga medis memang tak mendapatkan gaji yang sesuai UMK. Bahkan, beberapa bulan terakhir mereka belum digaji oleh managemen.

"Selama ini memang sudah ada dialog dengan pihak managemen RS maupun Disnaker. Tapi tetap tak pernah ada solusi," terang Hastono.

Pengamatan detikcom, selain berunjukrasa para staf dan tenaga medis yang didominasi perempuan tersebut tampak hanya duduk bergerombol.

Di RS Kusuma Bhakti tersebut selama beberapa pekan terakhir tidak ada aktivitas medis. Sebab berdasarkan keterangan sejumlah staf, RS swasta tersebut memang tak lagi menerima pasien.

Sehingga, aktivitas sehari-hari mereka hanya duduk-duduk saja. Saat ada pasien yang hendak berobat, mereka sengaja dialihkan ke RS lain. (fat/fat)