DetikNews
Selasa 17 Oktober 2017, 08:15 WIB

3 Warga Jember Tertimbun Longsor, Pencarian Dilanjutkan

Yakub Mulyono - detikNews
3 Warga Jember Tertimbun Longsor, Pencarian Dilanjutkan Pencarian korban tertimbun longsor dilanjutkan/Foto: Yakub Mulyono
Jember - Sempat dihentikan, pencarian tiga orang yang dilaporkan tertimbun longsor di Jember, dilanjutkan. Pencarian di Desa Jambesari, Kecamatan Sumberbaru, dilakukan petugas dari BPBD, Basarnas, kepolisian, TNI, relawan dan warga setempat.

Tiga orang yang dilaporkan tertimbun ini merupakan satu keluarga. Mereka adalah Saiful (35), Yana (25) dan Faris (5). Ketiganya tertimbun bersamaan dengan robohnya rumah yang ditempati akibat longsoran tanah.

"Tadi malam pencarian sempat kita hentikan karena kondisi yang tidak memungkinkan. Selain gelap dan medan sulit, tanahnya juga becek akibat turun hujan. Kita juga khawatir akan ada longsor susulan. Pagi ini sekitar pukul 06.00 WIB pencarian korban longsor kita lanjutkan," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember, Widi Prasetyo, Selasa (17/10/2017).

Baca Juga: Longsor di Jember, 3 Orang Dilaporkan Tertimbun

Pencarian korban ini, lanjut Widi, masih menggunakan alat seadanya. Sebab untuk mendatangkan alat berat masih terkendala kondisi medan. Kendati demikian, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait kemungkinan untuk mendatangkan alat berat tersebut.

"Sementara pakai alat seadanya dulu, seperti cangkul dan lain-lain. Kita upayakan untuk mendatangkan alat berat jika memungkinkan. Ini kita masih terus melakukan koordinasi," kata Widi.

Selain melakukan pencarian korban, petugas juga membantu warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Tercatat sekitar 47 jiwa terdiri atas 12 kepala keluarga (KK) diungsikan ke tempat yang dinilai aman. Bantuan sembako dan keperluan lain juga mulai disalurkan.

"Bantuan sembako, paket sandang, alat sekolah, alat kebersihan, matras, tikar, sarung, selimut, dan alat masak sudah kami distribusikan tadi malam," kata Widi.

Petugas juga membuat dapur bersama untuk melayani pengungsi dan dukungan kepada petugas yang melakukan pencarian.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed