DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 09:01 WIB

Bangunan Bekas Rumah Sakit yang Menyisakan Cerita Mistis

Ainur Rofiq - detikNews
Bangunan Bekas Rumah Sakit yang Menyisakan Cerita Mistis Foto: Ainur Rofiq
Bojonegoro - Lepas dari isu wanita melahirkan di kamar mayat, cerita berbau mistis menyeruak di bekas RSUD R Sosodoro Djatikusumo Bojonegoro. Sejak dikosongkan 7 bulan lalu, kesan angker terlihat di rumah sakit yang ada di Jalan dr Wahidin.

Banyak cerita-cerita misteri yang kebenarannya diragukan. Namun ada pula cerita yang sulit ditangkap dengan nalar.

Salah satu cerita yang membuat bulu kuduk merinding, adanya bayangan seorang laki-laki tua yang sering muncul dengan jalan ngesot dan tanpa pernah memperlihatkan wajahnya.

Sebenarnya, kisah munculnya bayangan laki-laki tua itu sudah ada sejak rumah sakit milik daerah itu ditempati. Namun cerita itu semakin santer setelah rumah sakit itu dikosongkan dan pindah ke Jalan Veteran.

BACA JUGA: Misteri, Seorang Ibu Dikabarkan Melahirkan Bayinya di Kamar Mayat

Bangunan Bekas Rumah Sakit yang Menyisakan Cerita MistisFoto: Ainur Rofiq

Mbah Narto (62), salah satu warga yang rumahnya dekat bekas rumah sakit menceritakan beberapa kejadian aneh dan nyata yang sering terjadi di tempat itu.

Menurutnya, lokasi yang sering terlihat adanya penampakan laki-laki tua berada di lorong ruang Asoka.

"Yang paling tua penunggu bangunan bekas rumah sakit ini orang tua laki-laki yang jalannya ngesot. Tapi tidak terlihat wajahnya dan rambutnya panjang," ujar Mbah Narto saat bercerita kepada detikcom di warkop depan gerbang kamar mayat, Kamis (12/10/2017).

Bahkan tambah Mbah Narto, baru beberapa pekan yang lalu terjadi kejadian aneh yang dialami seorang sopir travel. Sopir tersebut mengantarkan seorang penumpang pada malam hari ke ruang resepsionis rumah sakit, padahal rumah sakit sudah dalam keadaan kosong.

BACA JUGA: Hii, Ada Penampakan Kuntilanak Dikejar Anak-anak di Lumajang

Suara musik dan orang bernyanyi pada malam hari di ruang pemeriksaan sebelah selatan juga kerap didengar warga. Bahkan suara genset menyala juga kerap didengar meski siang hari

"Mereka (hantu rumah sakit) itu tidak menganggu. Tetapi sering muncul," kata Mbah Narto yang diamini oleh Hidayah, penjual makanan yang membuka warung di depan pintu masuk kamar mayat.

Bangunan Bekas Rumah Sakit yang Menyisakan Cerita MistisFoto: Ainur Rofiq

Memang, kesan angker bangunan di dalam bekas RSUD Sosodoro Djatikusumo di jalan Dr Wahidin tidak hanya di malam hari. Bahkan, meski di siang hari pun juga terlihat menyeramkan.

Tak ada aktivitas apapun di rumah sakit yang sudah puluhan tahun berdiri, kecuali petugas satpam yang berjaga bergantian di depan pintu masuk rumah sakit.

Saat detikcom mencoba masuk ke dalam bekas rumah sakit, sempat merasakan aura tidak enak dan bulu kuduk merinding. Hampir di semua ruangan, terlihat barang-barang berserakan. Beberapa peralatan medis seperti kursi roda, tempat tidur dibiarkan begitu saja di dalam ruang berdinding kaca.

Adanya cerita-cerita mistis ini dibantah pihak RSUD R Sosodoro Djatikusumo. "Tidak benar itu. Kok saya tidak pernah mendapat laporan dari karyawan. Apalagi ada satpam yang jaga meski telah kosong rumah sakit itu," tegas Kepala RSUD R Sosodoro Djatikusumo dr Hariono.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed