DetikNews
Senin 11 September 2017, 11:55 WIB

Minimalisir Pemadaman, Ini Prioritas PLN Bagi Pelanggan PDAM

Muhammad Aminudin - detikNews
Minimalisir Pemadaman, Ini Prioritas PLN Bagi Pelanggan PDAM Foto: Muhammad Aminudin
Malang - PLN memberikan prioritas bagi pelanggan berada di zona vital, termasuk pelanggan PDAM dengan meminimalisir pemadaman listrik pada tandon air yang berdampak pemutusan suplai air.

Langkah ini yang dilakukan PLN area Malang disaat ada rencana pemadaman listrik kawasan Tandon Mojolangu, yang menyuplai pasokan air kurang lebih 25 kawasan pemukiman di Kota Malang. Demi pelanggan PDAM, PLN membatalkan pemadaman. Meskipun upaya pemeliharaan jaringan tetap harus dilaksanakan.

"Seperti tanggal 23 Agustus 2017 lalu, kita batalkan pemadaman di Tandon Mojolangu, dan ditunda pada tanggal 30 Agustus 2017, karena ada pemotongan jaringan oleh Tim PDKB pemadaman harus dilakukan," ujar Asisten Manager Pelayanan dan Administrasi PLN area Malang Suhandopo kepada detikcom di kantornya Jalan Jaksa Agung Suprapto, Senin (11/9/2017).

Baca Juga: Listrik Padam, Pasokan Air PDAM 25 Kawasan di Kota Malang Mati

Meski demikian, kata dia, pemadaman yang terjadi hanya berlangsung kurang lebih dari 15 menit. Karena PLN sangat memperhitungkan pelayanan utama bagi pelanggannya.

"Suplai listrik tetap jalan, hanya 10 sampai 15 menit saja, karena tetap harus ada pemadaman. Setelah itu normal kembali," beber Suhandopo.

Dikatakan, selama ini PLN terus berusaha memperkecil daerah padam. Apalagi, pemadaman yang berdampak besar bagi penerima manfaat suplai listrik.

"PLN sudah mengambil langkah nyata, bagi pelanggan memiliki dampak luas ke masyarakat, untuk diminimalisir terjadinya pemadaman. Jika terpaksa dilakukan, durasi waktunya tidak lama," terangnya.

Menurut dia, pemadaman sangat sulit dihindarkan, karena selama proses pemeliharaan selalu berefek kepada pemutusan listrik.

"Selama ada pemeliharaan, selalu akan ada pemadaman. Meskipun kita sudah memiliki dua tim PDKB, yang mengatur jaringan kepada pelanggan," bebernya.

Bagi pelanggan besar, lanjut dia, seperti mal, hotel, rumah sakit, maupun PDAM bisa beralih menjadi pelanggan premium. Dimana jaminan besar tidak terdampak apabila tengah dilakukan pemeliharaan.

"Memang ada selisih harga dan sedikit mahal, tetapi ada jaminan dari sisi andalan dari PLN," terangnya.

Saat ini jumlah pelanggan PLN area Malang telah mencapai, 1,1 juta pelanggan dengan kebutuhan suplai listrik sekitar 205 mega watt.

Sementara Kepala Bagian Humas PDAM Kota Malang Mave mengatakan pihaknya selalu melakukan sosialisasi H-1 ketika akan terjadi pemutusan pasokan air kepada pelanggan. Hal ini dilakukan, agar masyarakat bisa mengantisipasi dengan memperbanyak stok air untuk kebutuhan sehari-hari.

Seperti yang terjadi saat rencana pemutusan pasokan air 23 Agustus 2017 dan kembali pada 30 Agustus 2017 karena adanya rencana pemadaman listrik. Namun pemadaman batal dilakukan, demi mengedepankan pelayanan kepada pelanggan.

"Kami selalu melakukan sosialisasi baik melalui website kami atau media sosial, agar pelanggan mengetahui adanya pemutusan pasokan air di H-1," ungkap Mave ditemui terpisah.

Mave turut membenarkan, bahwa di 23 Agustus 2017, PLN membatalkan pemadaman listrik khusus di area Tandon Mojolangu. Sehingga pasokan atau distribusi air kepada puluhan ribu pelanggan tak terganggu.

"Hanya 10 menit saja, batal dipadamkan. Kedepan kami harus mempersiapkan diri dengan menambah genset, agar bila terjadi gangguan atau pemadaman listrik tak menggangu kerja pompa," tegasnya.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed