Pelajar SD Main Api Bakar Kabel Komunikasi PT KA di Porong

Suparno - detikNews
Rabu, 06 Sep 2017 12:35 WIB
Foto: Suparno
Sidoarjo - Ulah pelajar kelas VI SD di Porong, Sidoarjo membakar alang-alang di dekat jalur kereta api (KA), membuat kabel komunikasi FO milik PT KAI Daop 8 Surabaya ikut terbakar. Insiden ini mengganggu perjalanan KA.

Humas PT KAI Daops 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko mengatakan, kabel komunikasi FO yang terbakar ada di Desa Jatirejo Km 33+9 antara Porong Tanggulangin. Akibat insiden ini, perjalanan KA sempat terganggu.

"Ada satu KA Mutiara Selatan rute Malang-Surabaya sempat tertahan di stasiun Banggil selama 8 menit," kata Gatut saat dihubungi detikcom, Rabu (6/9/2017).

Gatut menjelaskan, insiden itu terjadi pada Minggu (3/9/2017) sekitar pukul 17.00 WIB. Beruntung saat kejadian ada masinis salah satu KA yang sedang melintas melihat kebakaran tersebut. Masinis melaporkan ke Stasiun Porong yang diteruskan ke Daops 8.

"Ada dua anak kecil di lokasi, setelah didata kami laporkan ke Polsekta Porong," terangnya.

Gatut mengimbau kepada masyarakat agar tak melakukan kegiatan apapun yang berdekatan dengan jalur KA. "Itu sangat membahayakan," tegasnya.

Sementara Kapolsekta Porong Kompol Adrial membenarkan adanya laporan kebakaran tersebut. Pihaknya mengaku telah memintai keterangan pelaku pembakaran. Hanya saja, pelaku yang berusia 12 tahun dibebaskan setelah PT KAI mencabut laporan tersebut.

"Pelaku anak SD dan yang bersangkutan tidak sengaja membakar ilalang, hanya kebetulan main-main korek api. Dari pihak orang tua sudah membuat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi," tandasnya. (fat/fat)