DetikNews
Minggu 13 Agustus 2017, 17:19 WIB

Maksimalkan Angkutan Massal, Kota Surabaya akan Terapkan ERP

Zaenal Effendi - detikNews
Maksimalkan Angkutan Massal, Kota Surabaya akan Terapkan ERP Foto: Dokumen bapeko pemkot surabaya
Surabaya - Dishub Kota Surabaya berencana menerapkan ERP (Electronic Road Pricing) atau jalan berbayar. ERP akan diterapkan untuk kendaraan yang melintas di ruas jalan yang dilalui angkutan massal.

Menurut Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahjudrajat rencana penerapan ini agar angkutan umum bisa berkelanjutan atau sustainable. Selain itu, pembatasan penggunaan jalan dilakukan, karena jumlah kendaraan yang melintas cukup pesat sedangkan prasarana terbatas.

"Targetnya memindahkan pengguna angkutan pribadi ke angkutan massal atau umum," kata Irvan saat dihubungi detikcom, Minggu (12/8/2017).

Beberapa ruas jalan yang akan diterapkan ERP yakni Darmo, Urip Sumoharjo, Basuki Rahmat, Panglima Sudirman serta Tunjungan.

Irvan juga mengaku sudah siapkan Traffic Demand Management atau manajeman pengendalian lalu lintas sebagai penunjang rencana yang akan diajukan dalam raperda sambil menunggu kajian besaran tarif serta kemampuan masyarakat.

"Pembatasan kendaraan agar, angkutan umum bisa berkelanjutan atau sustainable, dibeberapa negara sebenarnya sudah lama diterapkan. Di Singapura sejak tahun 1980-an," ungkap Irvan.

Selain ERP, pihaknya juga siapkan beberapa pilihan, skemanya bisa three in one, (plat nomor) ganjil genap, bisa jalan berbayar atau road prizing.

"Minimal acuannya, sekali parkir mobil berapa besarnya dikalikan setahun dan besaran tarif yang dikenakan kepada para pengguna jalan, untuk mensubsidi pengguna angkutan umum. Mengenai pengenakan tarif, bentuknya melalui stiker atau elektrobic road pricing," tambah dia.
(ze/bdh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed