DetikNews
Selasa 08 Agustus 2017, 10:39 WIB

Otak Pelaku Penipuan Catut Kasat Rekrim Polres Kediri Seorang Napi

Andhika Dwi - detikNews
Otak Pelaku Penipuan Catut Kasat Rekrim Polres Kediri Seorang Napi Foto: Andhika Dwi
Kediri - Otak pelaku penipuan menggunakan facebook (FB) mencatut nama Kasatreskrim Polres Kediri AKP Aldy Sulaeman, seorang napi Kelas 2A Kalianda Lampung. Sementara polisi sudah mengamankan dua orang.

"Jadi masih ada 1 tersangka lagi namanya SS yang berstatus sebagai napi di lapas Kalianda Lampung. Dia sebagai otak dari penipuan ini," kata Kasatreskrim Polres Kediri AKP Aldy Sulaeman kepada wartawan saat menggelar jumpa pers di Mapolres Kediri Jalan PB. Sudirman Pare, Selasa (8/8/2017).

Nama SS muncul saat tim reskrim Polres Kediri berkoordinasi dibantu tim Direskrimsus Polda Metro Jaya dan Polda Jatim, menelusuri para pelaku yang sudah diamankan. Mereka yang sudah diamankan yakni NM (Nurmalasari) dan ME (Muhid Efendi) yang bertugas sebagai penadah uang hasil penipuan atau transfer bank.

Baca Juga: Nama Kasatreskrim Polres Kediri Dicatut di FB, Tipu Hingga Rp 400 Juta

Semuanya ini digerakkan SS dibantu NM dan ME. SS merupakan napi kasus pencurian mobil disertai kekerasan. Selama meringkuk di penjara, dia justru mampu memperdayai GN, seorang janda kaya dengan membuat akun facebook palsu dengan profil Kasatreskrim Polres Kediri. Hanya dalam kurun waktu kurang lebih 1,5 bulan berkomunikasi dengan korban, pelaku mampu meraup uang korban hingga Rp 400 juta.

"Modusnya pelaku mengambil foto profil, kemudian melakukan penipuan dengan sarana facebook. Korban dijanjikan dengan jalan akan dinikahi dan juga akan diajak berkeluarga bersama," jelas AKBP. Sumaryono Kapolres Kediri Kabupaten.

Polisi berhasil menyita uang korban penipuan GN sebesar Rp 128 juta dan dari tangan pelaku Rp 146 juta. "Kami yakin masih banyak korban lain dalam kasus ini. Karena komplotan ini melakukan penipuan secara online," tegas Sumaryono.

Guna pengembangan kasus selanjutnya, Polres Kediri sedang berkoordinasi dengan pihak Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (KemenkumHAM) untuk membawa dan memeriksa napi berinisial SS ke Kediri.

Baca Juga: Pelaku Penipuan Catut Nama Kasat Reskrim Polres Kediri Diamankan

Plisi juga mengamankan beberapa buah handphone. Satu di antaranya handphone yang dipakai tersangka untuk berkomunikasi dengan korban. Selain itu, petugas menyita tiga buah buku ATM atas nama tersangka Kumalasari yang dipakai dalam bertransaksi penipuan dan penggelapan uang tersebut.

Kasus penipuan dengan modus mencatut nama AKP M Aldy Sulaiman ini bermula dari kedatangan GN, janda kaya asal Semarang ke Polres Kediri. Korban menuntut bisa bertemu dengan perwira polisi ganteng tersebut. Korban menangih janji untuk membina rumah tangga bersama dan mengambil hak asuh atas dua anak M. Aldy Sulaeman.

Pengakuan korban tentu membuat Aldy terkejut, karena selama ini tidak pernah berhubungan dengan korban GN apalagi melalui media sosial FB. Sebab, selama ini Aldy tidak memiliki akun FB.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed