DetikNews
Jumat 16 Desember 2016, 18:18 WIB

Perancis Berencana Dirikan Konsul Kehormatan di Surabaya

Rois Jajeli - detikNews
Perancis Berencana Dirikan Konsul Kehormatan di Surabaya Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Potensi di Jawa Timur mulai menarik perhatian negara-negara Eropa. Kali ini, Wakil Duta Besar Perancis mengunjungi Jatim dan bertemu dengan Wagub Jatim Saifullah Yusuf membahas potensi yang bisa dikerjasamakan antara kedua belah pihak. Termasuk rencana akan mendirikan kantor Konsul Kehormatan di Surabaya.

"Melalui Konsul Kehormatan yang baru nantinya saya harapkan bisa menjembatani hubungan antara Jawa Timur dengan Prancis, lebih meningkat," kata Wagub Saifullah Yusuf di sela menerima kunjungan Wakil Dubes Perancis di Jakarta H.E Charles Henri Brosseau di ruang kerjanya komplek kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan, Jumat (16/12/2016).

Wagub yang akrab disapa Gus Ipul menerangkan, kerjasama yang ditawarkan oleh pemerintah Perancis cukup penting dan bisa menjadi pertimbangan pembangunan Jawa Timur ke depannya.

Berdasarkan data yang ada, neraca perdagangan Jawa Timur ke Prancis selama lima tahun terakhir ini menunjukkan defisit bagi Jawa Timur.

"Defisit neraca perdagangan ini menjadi perhatian serius bagi kami. Meskipun nilai ekspor-impor Jawa Timur ke Prancis tidak sebanyak dengan negara lain seperti Amerika Serikat, China, Brazil, Korea Selatan, tapi kita tetap berupaya jangan sampai nilai dagangannya semakin turun," terangnya sambil menambahkan, beberapa komoditi utama ekspor non migas Jatim ke Perancis seperti furniture, penerangan rumah, alas kaki, mesin listrik, udang, ikan, kertas.

Sedangkan komoditas impor non migas dari Perancis ke Jawa Timur diantaranya gandum, susu, mentega, bubur kayu dan berbagai makanan olahan.

"Sebagai negara besar di Eropa, kami dari Jawa Timur berharap kerjasama ini lebih mendalam dan bisa dilakukan di berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, budaya. Khusus di bidang pendidikan, akan lebih difokuskan berbasis vokasional atau keterampilan, agar sumber daya manusia kita memiliki nilai tambah," jelasnya.

Wakil Duta Besar Perancis di Jakarta H.E Charles Henri Brosseau mengatakan, Jawa Timur khususnya Surabaya merupakan kota yang sangat penting di Indonesia.

"Kami dari Perancis menginginkan mempererat hubungan dengan Jawa Timur. Sebab, kemajuan dan pengembangan ekonomi di Jawa Timur cukup baik," kata Charles.

Ia menambahkan, Perancis memiliki program pengembangan city of tomorrow untuk Kota Surabaya. Rencananya, dalam merayakan ke 50 tahun kerjasama budaya yang terbina dengan Jawa Timur dan Surabaya pada 30 Januari 2017 nanti, akan dipamerkan berbagai produk teknologi.

"Kami akan memerkan berbagai teknologi yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan di Perancis," terangnya.
(roi/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed