DetikNews
Kamis 01 September 2016, 14:21 WIB

Dana Tunjangan Guru Kota Malang Dipastikan Aman

Muhammad Aminudin - detikNews
malang - Para guru penerima sertifikasi di Kota Malang diminta tidak resah. Sebab, penyaluran Dana Tunjangan Profesi Guru (TPG) dipastikan aman sampai Desember 2016 mendatang. Hal ini dikarenakan Kota Malang masih memiliki sisa kucuran anggaran tahun 2015 lalu.

"Kota Malang, tidak terkena dampak dari penghentian penyaluran Dana Tunjangan Profesi Guru. Ini karena ada sisa anggaran TPG tahun 2015," kata Wali Kota Malang Moch. Anton, Kamis (1/9/2016).

Menurut Anton, sisa anggaran itulah yang nantinya disalurkan kepada penerima TPG dan Dana Tambahan Penghasilan (DTP) bagi guru bersertifikasi. "Jadi anggaran sisa itulah yang nanti disalurkan untuk TPG dan DTP Tahun 2016," tutur Anton.

Sementara Kepala Bagian Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Malang, Sapto P. Santoso menjelaskan, bahwa sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No 137 Tahun 2016, untuk Kota Malang mendapatkan alokasi dana sebesar Rp 167.534.977.000. Dari total anggaran tersebut, sudah ditransfer sebanyak Rp 50.260.493.100.

"Untuk itu, para guru penerima dana TPG dan DTP di Kota Malang tidak perlu resah dan khawatir, karena anggaran masih ada dan siap diberikan," ujar Sapto terpisah.

Sapto menambahkan, setidaknya ada 3.600 guru yang bakal menerima TPG dan DTP dari total 10 ribu lebih tenaga pengajar di Kota Malang. "Kalau sudah waktunya, akan dicairkan," sahut dia.

Seperti diketahui, sesuai surat Dirjen Perimbangan Keuangan Kementrian Keuangan No.S-579/PK/2016 tertanggal 16 Agustus 2016 Tentang penghentian penyaluran Dana TPG dan DTP Tahun Anggaran 2016 membuat guru-guru resah.

Dalam surat tersebut dilampirkan daftar Kota dan Kabupaten se-Indonesia yang dihentikan penyaluran Dana TPG dan DTP.

Dalam penjelasan point kedua surat tersebut telah disampaikan bahwa penyaluran Dana TPG dan DTP Tahun 2016 untuk daerah yang mempunyai sisa dana lebih Tahun 2015 sesuai dengan hasil rekonsiliasi data guru akan memperhitungkan besarnya sisa Dana TPG dan DTP Guru tersebut.

Untuk Provinsi Jawa Timur, yang mengalami penghentian Penyaluran Dana TPG dan DTP terdiri 29 kabupaten dan 5 kota, diantaranya adalah Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, dan Kota Mojokerto.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed