Ini Cara KBS Tepis Isu Miring di Media Sosial

Zaenal Effendi - detikNews
Senin, 22 Agu 2016 16:37 WIB
Harimau koleksi KBS/Foto: Zainal Effendi
Surabaya - Banyaknya kabar miring dan tidak sedap melanda Kebun Binatang Surabaya (KBS) di media sosial, membuat Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) mempunyai jurus sendiri untuk menangkalnya.

Pelaksana Teknis (Plt) Dirut PDTS Kebun Binatang Surabaya, Aschta Boestani Tadjudin mengatakan pihaknya akan menggunakan media sosial untuk menangkal semua kabar miring yang kerap menerpa KBS.

Pihaknya pun mengumpulkan seluruh foto binatang koleksi KBS yang ada di KBS. Yang kemudian dilakukan foto terkini dengan sudut pengambilan yang sama dan akan diupload berdampingan.

"Kami kumpulkan semua foto-foto yang pernah dipublikasi dengan mendampingkan foto yang sekarang dengan angel yang sama. Kalau angel sudut dari sini kita ambil dari angel sama," kata Aschta saat menunjukkan kondisi KBS terkini, Senin (22/8/2016).

Ia mencontohkan, kasus Harimau Sumatera Melanie yang diterpa isu tidak terurus sehingga kurus kering. Aschta membenarkan jika foto-foto Melanie yang beredar di dunia maya adalah benar satwa koleksi KBS yang salah asuh dan salah makan.

"Jadi memang confirm gambar Melani kasus 2010, yang selama bertahun-tahun diberi daging yang tidak betul. Daging berformalin," jelasnya.

Pihaknya mulai merubah pola makan bagi satwa pemakan daging dengan memberikan daging segar dan daging beku yang hanya bertahan paling lama 5 hari.

"Sejak 2012 kami ubah menjadi daging fresh, kami makannya kita kombinasi daging sapi dan daging ayam dengan ukuran nutrisi yang benar," tegasnya. (ze/fat)