DetikNews
Kamis 07 April 2016, 17:22 WIB

Ini Sosok Video YouTuber Ushi Gaming asal Surabaya

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Ini Sosok Video YouTuber Ushi Gaming asal Surabaya Foto: Imam Wahyudiyanta
Surabaya - Siapa sangka ada anak muda dari Surabaya sukses jadi kreator video YouTube (YouTuber). Dia adalah Erdwin Susanto Wijaya, pemilik channel YouTube bernama Ushi Gaming.

Kesuksesan menjadi YouTuber ini, diawali Erdwin setelah mengenal game sejak umur 5 tahun. "Saat itu, orang-tua membelikan aku sebuah game console Nintendo (8-bit). Sejak saat itu game sudah menjadi hobi. Waktu berlalu, tak lama setelah lulus kuliah, aku pergi ke negeri sakura (Jepang) untuk belajar bahasa Jepang di sana dan kembali lagi ke Indonesia,"cerita Erdwin di sela pengenalan aplikasi YouTube Gaming pada media di Surabaya, Kamis (7/4/2016).

Pada saat jiwa entrepreneurship lekat dengan pribadi Erdwin, beberapa bisnis pun mulai dijalaninya dengan memiliki warung internet gaming hingga bisnis Kebab di Mojokerto. Meski harus menjalani bisnisnya, Erdwin tetap aktif dengan dunia gaming.

Di tahun 2011, Erdwin pertama kali membuat akun YouTube dan mencoba untuk mengunggah beberapa video. Hingga 2 tahun kemudian (2014), hanya dengan berbekal kamera handphone, Erdwin merekam video Brave Frontier pertamanya
tanpa menggunakan suara sama sekali.

Dia masih ingat betul bagaimana proses merekam video permainan Brave Frontier pertamanya itu. Sangat repot. Dia harus memegang HP untuk merekam di tangan kiri, sementara tangan kanannya memainkan game Brave Frointier di tabletnya.

Tapi hasilnya, respon penonton di YouTube cukup baik. "Aku tidak menyangka videoku mendapat respon yang baik dengan 3000 views dalam beberapa hari. Semenjak saat itu, aku menjadi giat dan konsisten untuk mengunggah minimal 1 video setiap hari,"tukasnya.

Karena fasih berbahasa Jepang, Erdwin seringkali menggunakan bahasa Jepang di video-video gamenya dan beberapa penonton Erdwin tidak menyangka bahwa dirinya berasal dari Indonesia. Erdwin kemudian memutuskan menjadi full-time YouTuber di tahun 2015 dan hingga saat ini channel YouTubenya pun semakin berkembang hingga memiliki penonton setianya di Amerika, Filipina dan Singapura.

"YouTube adalah wadah untuk membagikan passion bermain game dalam bentuk video. Selain itu, bisa melihat komentar dari penonton video dan memberikan tips & trik bermain game dari video,"ungkapnya.

Dengan hadirnya YouTube Gaming di Indonesia, Erdwin sangat senang dan bersemangat untuk berkarya, karena video kreasinya akan lebih terlihat dan mudah ditemukan oleh komunitas gamer di Indonesia bahkan global. Saat ini subscribers yang dimiliki oleh Ushi Gaming telah mencapai 90,197. Konten yang diunggah adalah hal-hal berhubungan dengan gaming seperti walkthrough, momen lucu dan keseharian kehidupannya.

Sementara itu, Head of Product Communications Google Indonesia, Putri Silalahi mengatakan, saat ini YouTube telah menyediakan fitur offline di aplikasi mobile YouTube. Ini untuk mengantisipasi kondisi internet yang tidak stabil, seperti di Indonesia.

Apalagi minat pengguna YouTube di Indonesia sangat tinggi. "Sayangnya, para pengguna YouTube di Indonesia terbatas oleh kondisi internet yang tidak stabil. Makanya kami fokus ke fitur offline di aplikasi mobile YouTube," ujarnya.

Dengan fitur offline, pengguna di Indonesia yang cukup banyak menghabiskan waktu menonton video-video di YouTube, bisa mengunduh video untuk ditonton tanpa koneksi internet. Untuk saat ini, fitur offline ini yang telah dikerjakan untuk memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna YouTube di Indonesia.

Sebuah aplikasi dan situs gaming.youtube.com yang didedikasikan untuk mengeksplor konten gaming dengan lebih mudah, dilengkapi fitur live streaming dan live chatting dengan komunitas gamer lainnya di seluruh dunia.

Hadirnya Youtube Gaming ini tidak terlepas dari besarnya komunitas gaming di YouTube, dengan ratusan juta gamer menonton konten gaming melalui YouTube setiap bulannya.

Tahun ini waktu yang mereka habiskan menonton video gaming di YouTube meningkat 60% dibanding tahun lalu. Setelah diperkenalkan pertengahan tahun lalu, channel khusus untuk para gamer bisa diakses melalui situs YouTube.

Ada 3 fitur yang populer di Youtube Gaming ini. Yang pertama, kata Putri, personalisasi. YouTube gaming adalah pengalaman yang dipersonalkan bagi para pecinta game.

"User interface (UI) yang fokus pada konten game memudahkan mereka untuk mencari dan mengeksplor title game berdasarkan pengembang dan channel. Saat ini ada lebih 25.000 game yang tersedia di YouTube gaming,"tukasnya.

Konten kedua ialah live yakni fitur yang penting bagi creator dan pecinta game. YouTube gaming memberikan pengalaman live streaming sambil chatting dengan komunitas gamer di seluruh dunia, serta memberikan notifikasi agar mereka tidak tertinggal aksi selanjutnya.

Para pecinta game di Tanah Air sudah bisa mengakses YouTube Gaming dengan cara mengunduh aplikasinya di Google Play Store dan Apple App Store. Sementara pengguna PC bisa mengakses layanan ini lewat situs gaming.youtube.com.

Sementara fitur terakhir adalah Komunitas. Sebelumnya Youtube Gaming telah diluncurkan di Amerika Serikat dan Inggris, pada Agustus 2015 lalu. Mendapatkan respon antusias, YouTube Gaming menyusul untuk menyambangi beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, dan Hong Kong pada peluncuran tahap dua ini.
(iwd/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed