Hujan Lebat di Sleman, Kali Doso dan Perengan Meluap

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 21:17 WIB
Sungai Perengan Sleman meluap ke Jalan Palagan, melimpas hingga masuk ke rumah
Sungai Perengan Sleman meluap ke Jalan Palagan, melimpas hingga masuk ke rumah warga. Foto: dok BPBD Sleman
Sleman -

Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Sleman dari sore hingga malam ini. Akibatnya beberapa sungai meluap dan sejumlah pohon dilaporkan tumbang.

"Di Pandowoharjo Sleman, Kali Doso meluap ke sawah dan ke jalan dan mengakibatkan sayap jalan 0,5 x 3 meter tergerus air," kata Kepala Pelaksana BPBD Sleman, Makwan kepada wartawan, Rabu (19/1/2022).

Selain Kali Doso, pihaknya juga laporan menerima laporan meluapnya Sungai Perengan. Luapan tersebut sempat masuk ke rumah warga.

"Di Gondang Lutung RT 3 RW 19 Donoharjo, Ngaglik, Sungai Perengan meluap ke Jalan Palagan, melimpas hingga masuk ke rumah," katanya.

Beruntung, tidak banyak permukiman yang tergenang akibat kejadian tersebut. Air hanya memasuki rumah salah satu warga yang kebetulan berada di cekungan.

"Ada 1 KK dengan 2 jiwa. Genangan sampai setinggi lutut di dalam rumah, posisi rumah di ledokan (cekungan) dan sudah terkondisi," katanya.

Selain itu, BPBD Sleman juga mencatat kejadian pohon tumbang. Seperti di Kapanewon Pakem, pohon sengon tumbang menimpa jaringan kabel listrik.

Kemudian di Kapanewon Sleman, pohon jati menimpa jaringan listrik dan ada yang menimpa pagar serta teras rumah.

Sementara di Kapanewon Turi, pohon mindi dengan diameter 10 sentimeter tumbang melintang jalan dan sudah terkondisi.

Pihaknya juga mendata adanya talud ambrol karena derasnya hujan dan aliran air. Talud sepanjang 50 meter ambrol di Jogopaten, Pandowoharjo, Sleman. Selain itu, talud sepanjang 15 meter di Krandon, Pandowoharjo juga ambrol sehingga menutup aliran selokan.

"Hingga saat ini nihil korban jiwa," pungkasnya.

(ahr/aku)