Puan Resmikan Pasar Legi Solo, Pengamat: Agar Seolah Paling Berperan

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 20:41 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Senin (17/1/2022).
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Senin (17/1/2022). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Ketua DPR RI Puan Maharani dipastikan tidak hanya menghadir sebagai tamu dalam peresmian Pasar Legi Solo, besok. Puan bakal meresmikan pasar itu dengan didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Iya (diresmikan Puan Maharani)," kata Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka saat meninjau Pasar Legi, Rabu (19/1/2022).

Hal tersebut juga terlihat dalam jadwal kunjungan kerja Puan Maharani yang diterima detikcom. Dalam jadwal tersebut, Puan juga bakal menandatangani prasasti peresmian.

Dosen ilmu politik di program studi Administrasi Negara Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Didik G Suharto, menilai peresmian yang dilakukan Puan memunculkan spekulasi politik bahwa putri Megawati Soekarnoputri itu ingin tampil dekat dengan rakyat.

"Kalau dilihat secara politik, bisa dilihat bahwa peresmian proyek ini adalah upaya mendekatkan politisi dengan warga masyarakat. Istilah lain, ini bagian dari menampilkan diri dalam panggung publik," kata Didik saat dihubungi detikcom, Rabu (19/1/2022).

Menurutnya, peresmian pasar yang memuat lebih dari 2 ribu pedagang ini cukup efektif untuk menunjukkan eksistensinya. Publik dinilai akan menyorot sosok yang meresmikan proyek senilai Rp 104 miliar itu.

"Cukup efektif juga melalui peresmian. Publik akan melihat sosok tersebut di media, seolah dia yang paling berperan," katanya.

Namun dilihat dari sisi birokasi, Didik menilai peresmian yang dilakukan oleh pimpinan legislatif bukan sebuah masalah. Sebab peresmian merupakan acara formalitas.

"Peresmian itu kan seremonial, artinya siapapun yg meresmikan tidak begitu masalah. Ini hanya formalitas. Alasan pembenar bisa dicari, seperti anggaran kan digedok DPR, kemudian proyek ini untuk rakyat sehingga legislatif punya kewenangan juga," pungkasnya.

Lihat juga video 'Asyik! Adi Putro Mulai Uji Coba Bus Monokok di Kota Solo':

[Gambas:Video 20detik]



(aku/ahr)