Pembahasan Suksesi Mangkunegaran Hampir Usai, Takhta ke Siapa?

Ari Purnomo - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 17:42 WIB
pura mangkunegaran
Istana Mangkunegaran (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Pembicaraan mengenai suksesi di Pura Mangkunegaran sudah hampir selesai. Pembahasannya sudah mengerucut ke satu nama sebagai pengganti KGPAA Mangkunegara IX yang wafat pada Agustus tahun lalu.

Hal itu diungkap Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, Lilik Priarso Tirtodiningrat, saat ditemui wartawan di Mangkunegaran, Senin (17/1/2022). Menurutnya, pembicaraan sudah mengerucut ke nama, yaitu GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Namun demikian, Lilik belum bisa memastikan kapan prosesi adat suksesi Mangkunegaran akan digelar.

"Sudah mengerucut kepada pranatan adat yang kita anut, bahwa suksesi nanti akan dipegang kakung (putra) dari prameswari (permaisuri), mengerucutnya begitu. Cuman bagaimana-bagaimananya mestinya ada kesepakatan, bagaimana," ungkapnya.

Meski begitu, Lilik menyampaikan, belum ada kesepakatan mengenai siapa sosok penerus KGPAA Mangkunegara IX.

"Itu sifatnya menguatkan masih digodok oleh saudara-saudara MN IX dan putra-putra IX dan sedherek," ujarnya.

"Kita tetap memakai sistem menghargai musyawarah biar terjadi mufakat itu karena filosofi Mangkunegaran kan seperti itu, Pangeran Sambernyawa mendirikan negara ini tetap menghargai para pembantunya yang menjadi 40 jaya itu kan filosofinya bisa dilihat, tapi kapannya semoga secepatnya," sambung Lilik.

Nantinya, kata Lilik akan ada pengumuman lebih lanjut setelah ada musyawarah. Mengingat, saat ini sebagian kerabat masih berada di Jakarta.

"Ini beliau-beliau masih di Jakarta setelah itu akan ada pengumuman lebih lanjut kapan dan siapa bakunya. Yang jelas kalau saya cuma bisa memberi masukan ke panjenengan (Anda) sekarang sudah mengerucut," urainya.

Seperti diketahui, Mangkunegara IX wafat dengan meninggalkan dua putra dari istri yang berbeda, yaitu GPH Paundrakarna Sukma Putra dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo. Keduanya disebut-sebut calon kuat untuk menjadi penerus takhta di Pura Mangkunegaran.

Belakangan, muncul juga nama salah satu cucu Mangkunegara VIII, KRMH Roy Rahajasa yang juga disebut-sebut memiliki peluang yang sama.

(ahr/sip)