Rawan Kecelakaan, Polisi Pasang Kotak P3K di Patuk Gunungkidul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 17:03 WIB
Polisi dan relawan memasang kotak P3K di jalur rawan kecelakaan di kawasan Patuk, Gunungkidul.
Polisi dan relawan memasang kotak P3K di jalur rawan kecelakaan di kawasan Patuk, Gunungkidul. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Gunungkidul -

Polsek Patuk, Gunungkidul, bersama Relawan Kecelakaan Jalan Raya (RKJR) memasang kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) di 4 titik Jalan Wonosari-Yogya, khususnya Kapanewon Patuk. Pasalnya di kawasan tersebut kerap terjadi kecelakaan lalu lintas.

Kanit Lantas Polsek Patuk AKP Kusnan Priyono mengatakan jumlah kejadian kecelakaan di jalan Wonosari-Yogya, Kapanewon Patuk, terbilang tinggi. Pada akhir tahun lalu, terdapat belasan kejadian kecelakaan dalam kurun 4 bulan.

"Untuk periode September-Desember 2021 saja tercatat sekitar 15 kejadian laka lantas terjadi di jalan Wonosari-Yogya, tapi khusus yang di Patuk ya," kata Kusnan, Senin (17/1/2022).

Dari 15 kejadian tersebut, Kusnan mengatakan banyak korban yang meninggal dunia akibat luka yang dialami. Diharapkan, pemasangan kotak P3K ditunjang dengan keberadaan RKJR dapat meminimalisir korban meninggal dunia.

"Dari belasan kejadian itu ada 7 korban meninggal dunia akibat laka, di mana 3 di antaranya dalam waktu berdekatan," ujarnya.

Kapolsek Patuk Kompol Sumadi menambahkan, ke depan pihaknya dan RKJR akan memasang lebih banyak kotak P3K di jalur Wonosari-Yogya. Hal itu sebagai bentuk kesigapan akan penanganan pertama bagi korban lakalantas.

"Untuk tahap awal, kita pasang kotak P3K di 4 titik yang rawan kecelakaan. Pemasangan ini pertama kali dilakukan di Gunungkidul," kata Sumadi.

Dia berharap untuk selanjutnya mereka bisa memasang kotak P3K itu lebih banyak. Hal itu dibutuhkan agar korban kecelakaan bisa tertangani dengan lebih baik sebelum memperoleh pertolongan di fasilitas layanan kesehatan.

Sementara itu, Ketua RKJR Ngadija mengatakan ide pemasangan kotak P3K muncul lokasi itu sering terjadi kecelakaan, terutama di sekitar kawasan Kali Pentung. Bahkan Ngadija mengatakan jalan utama di Patuk sering dijuluki sebagai jalur tengkorak.

"Karena hampir tiap pekan pasti ada kejadian laka mulai dari penggal Patuk hingga Kali Pentung," ucapnya.

Adapun isi kotak P3K yang terpasang itu, kata Ngadija, terbilang lengkap mengingat di dalamnya terdapat obat luka, perban hingga obat-obatan lain. Sedangkan untuk kotaknya dibuat dengan bahan seadanya yang merupakan hasil swadaya masyarakat dibantu Polsek Patuk.

"Tapi seandainya nanti ada korban luka sedang dan berat tetap akan kami rujuk ke faskes (fasilitas kesehatan) terdekat," katanya.

Lihat juga video 'Kecelakaan Maut! Kereta Tabrak Mobil di Probolinggo, 4 Orang Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(ahr/rih)