Cegah Infeksi, RSUD Boyolali Pisahkan Gedung Layanan Persalinan

Ragil Ajiyanto - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 16:51 WIB
Bupati M. Said Hidayat mengecek fasilitas di gedung bersalin terpadu RSUD Pandan Arang.
Bupati Boyolali M. Said Hidayat mengecek fasilitas di gedung bersalin terpadu RSUD Pandan Arang. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom.
Boyolali -

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandan Arang Kabupaten Boyolali kini memiliki gedung bersalin terpadu. Ruang untuk persalinan hingga perawatan intensif untuk bayi dan anak-anak berada dalam satu gedung ini.

Gedung bersalin terpadu itu diresmikan Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, hari ini (17/1). Selain gedung bersalin terpadu, juga diresmikan gedung rehabilitasi medis dan instalasi pemeliharaan sarana prasarana RSUD Pandan Arang.

"Jadi gedung bersalin terpadu ini untuk keselamatan pasien juga. Gedung terpadu ini mengurangi infeksi nosokomial, karena gedungnya terpisah dengan gedung rawat inap dewasa," kata Direktur RSUD Pandan Arang Boyolali, FX. Kristandiyoko, saat ditemui seusai peresmian, Senin (17/1).

Gedung bersalin terpadu ini terdiri dari tiga lantai dengan luas 3.457,44 meter persegi. Pembangunan gedung itu menggunakan biaya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 19.388.816.000. Sejumlah fasilitas berbeda di tiap lantainya.

Kristandiyoko menjelaskan, lantai pertama untuk ruang bersalin. Di lantai ini terdapat 12 tempat tidur dan 6 tempat tidur untuk ruang PICU (Pediatric Intensive Care Unit) dan NICU (Neonatal Intensive Care Unit).

"Lantai 2 untuk bayi - bayi yang sudah bersalin (dilahirkan) dan sehat, nah, nanti bergabung dengan ibunya di lantai 2. Di lantai 2 ini seperti perawatan biasa," jelas Kristandiyoko. Di lantai 2 terdapat 23 tempat tidur.

Sedangkan lantai 3 untuk bangsal perinatologi (untuk bayi yang membutuhkan pengawasan) dan bangsal rawat inap anak.

"Misalnya ada bayi yang berat badannya 1,7 kg atau bayi mungkin ada gangguan di jantungnya, sehingga perlu penanganan atau pengawasan lebih. Dan juga disebelah barat itu untuk rawat inap anak," tandas Kristandiyoko.

Bupati Boyolali M. Said Hidayat berharap pelayanan RSUD Pandan Arang semakin baik. "Harapan kita dengan gedung yang baru ini maka pelayanan kepada masyarakat semakin baik," kata M. Said Hidayat.

Lihat juga video 'Bangsal Covid-19 RSUD Pandan Arang Boyolali Kini Kembali untuk Pasien Umum':

[Gambas:Video 20detik]



(dil/ahr)