ADVERTISEMENT

Vaksinasi Booster DIY Mulai Besok di JEC, Gelombang Pertama untuk Siapa?

Heri Susanto - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 15:52 WIB
Doctor vaccinating for a boy on blue background.
Ilustrasi vaksinasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/baona)
Yogyakarta -

Vaksinasi ketiga di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan dimulai besok Kamis (13/1). Vaksinasi booster COVID-19 itu akan dipusatkan di Jogja Ekspo Center (JEC). Sesuai permintaaan dari Pemda DIY, vaksinasi booster gelombang pertama akan menyasar tenaga pendidik.

"Iya besok aja di JEC," kata Juru Bicara Pemda DIY Untuk Penanganan COVID-19, Berty Murtiningsih saat dihubungi wartawan, Rabu (12/1).

Berty membenarkan sasaran awal vaksinasi booster itu untuk tenaga kependidikan. Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan, vaksinasi booster di DIY akan menggunakan skema seperti vaksinasi tahap pertama. Pihaknya akan melakukan vaksinasi secara bergelombang.

Gelombang pertama untuk pelayanan publik. Gelombang berikutnya baru kepada masyarakat umum.

"Pelayanan publik ini tahap pertamanya untuk kalangan pendidik terlebih dahulu," kata Aji, Selasa (11/1).

Aji mengungkapkan, vaksinasi booster ini mensyaratkan penerimanya sudah mendapatkan vaksinasi dua kali. Nantinya, untuk vaksinasi booster secara umum, pendaftaran bisa dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi.

"Tapi untuk pendaftaran tenaga pendidik ini dilakukan secara kelompok. Vaksinasi booster menggunakan Pfizer dan Moderna untuk tahap awal," ujar Aji.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY ini optimistis tidak akan ada kasus calo atau joki vaksin di DIY. Sebab, masyarakat di DIY sudah paham bahwa vaksinasi itu merupakan kebutuhan.

"Ada kesadaran bahwa vaksinasi adalah upaya untuk menjaga kesehatan. Itu yang membedakan masyarakat kita dengan daerah lain," kata Aji.

(dil/sip)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT