Siapa Pewaris Kuliner Jadah Tempe Mbah Carik Kaliurang?

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 13:31 WIB
Suasana pemakaman legenda kuliner jadah tempe Mbah Carik Kaliurang, Rabu (12/1/2022).
Kuliner jadah tempe Mbah Carik Kaliurang (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Sleman -

Pengusaha kuliner legendaris Jadah Tempe Mbah Carik Kliurang yakni Sudimah Wiro Sartono atau yang akrab disapa Mbah Wiro tutup usia. Mbah Wiro merupakan generasi kedua penjual Jadah Tempe Mbah Carik. Lantas siapa yang akan meneruskan usaha ini?

Putra ketiga almarhum yakni Bejo Wiryanto mengatakan jika usaha ini dijalankan secara turun-temurun oleh keluarga. Bejo menyebut, usaha ini adalah warisan dari kakeknya Ngadikem Sastrodinomo, dan harus diteruskan oleh keluarga.

"Jadah tempe itu amanah dari Mbah Ngadikem Sastrodinomo itu tidak boleh di-franchise itu harus dikelola oleh keluarga yang jadah tempe," kata Bejo saat ditemui di rumah duka, Kaliurang, Pakem, Sleman, Rabu (12/1/2022).

Pesan itu lah yang menjadi pegangan keluarga hingga sekarang. Bejo mengatakan meski jadah tempe merupakan usaha keluarga, namun baik ibunya atau kakeknya tidak pelit berbagi ilmu.

"Makanya ibu saya itu dipesen, 'iki dinggo keluarga nek wong liyo arep do pengen dodol jadah tempe ajaranono sak okeh-okeh e' (ini untuk keluarga, kalau ada orang lain yang ingin jualan kadah tempe diajari sebanyak-banyaknya)," imbuhnya.

Kepada penerusnya, Mbah Wiro juga mengingatkan agar berjualan dengan jujur. Sebab, jika jujur, nantinya akan mendapat balasan dari Allah.

"(Kata ibu) Kalau kamu mau jualan harus jujur apa adanya, jangan ditambahi, jangan dikurangi apapun kamu jujur. Kalau kamu jujur Allah akan berikan apa yang kamu butuhkan bukan akan diberikan apa yang kamu minta," sebutnya.

Kini usaha jadah tempe yang telah dirintis sejak puluhan tahun itu telah berkembang pesat. Bukan hanya di Kaliurang saja namun merambah hingga ke wilayah Kota Yogya.

"Sudah ada 8 cabang, terakhir di Kotagede. Ya untuk sementara tutup dulu selama 7 hari, bisa lebih," pungkasnya.

(ams/rih)