Vaksinasi Booster Purbalingga Belum Dimulai Hari Ini, Apa Alasannya?

Vandi Romadhon - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 13:10 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga dr Jusi Febrianto
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga dr Jusi Febrianto (Foto: Vandi Romadhon/detikcom)
Purbalingga -

Pemkab Purbalingga mengatakan belum memulai vaksin booster COVID-19 untuk umum hari ini. Pemkab Purbalingga masih fokus untuk mengejar target vaksinasi dosis kedua dan vaksinasi anak.

"Vaksinasi booster memang sudah dicanangkan oleh kementerian kesehatan kemarin sore, tapi pada saat ini kami masih belum mendapatkan vaksin tersebut," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga dr Jusi Febrianto kepada detikcom, Rabu (12/1/2022).

Jusi mengatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terkait pelaksanaan vaksinasi booster. Pihaknya juga masih menunggu suplai vaksin untuk menjalankan program dari pemerintah pusat tersebut.

"Pada saat ini kami masih belum mendapatkan vaksin tersebut, kami masih menunggu instruksi dari kepala dinas kesehatan provinsi dan mendapatkan vaksin booster," ucapnya.

Jusi pun meminta masyarakat Purbalingga untuk bersabar terkait program vaksin booster ini. Sebab, saat ini pihaknya masih fokus pada penuntasan program vaksinasi untuk anak.

"Kami masih berkonsentrasi untuk vaksinasi anak usia 6-11 dan kami juga sedang berkonsentrasi untuk menyelesaikan dosis dua," ungkapnya

Pihaknya juga belum bisa memastikan jadwal pelaksanaan vaksinasi booster di Purbalingga. Namun menurutnya jika stok vaksin telah tersedia maka program itu akan segera dilakukan.

"Jadi kalo belum diselesaikan dosis duanya belum bisa melakukan booster, nanti begitu vaksinnya datang untuk booster maka kita akan melaksanakan booster," tuturnya.

Untuk informasi, dari data Dinkes Purbalingga per hari ini, capaian vaksinasi dosis pertama sebanyak 656.548 orang atau 84,31 persen kemudian vaksinasi dosis kedua telah diberikan pada 475.956 orang atau 61.12 persen.

(ams/sip)