Antusiasnya Warga Kota Semarang Ikut Divaksin Booster

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 12:33 WIB
Peserta vaksinasi booster menerima suntikan di Puskesmas Bugangan, Kota Semarang, Rabu (12/1/2022).
Peserta vaksinasi booster menerima suntikan di Puskesmas Bugangan, Kota Semarang, Rabu (12/1/2022). (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Penyuntikan booster atau vaksin COVID-19 dosis ketiga sudah dimulai di Kota Semarang, hari ini. Pelaksanaan vaksinasi booster ini disambut antusias oleh warga.

Berdasarkan pantauan detikcom di Puskesmas Pandanaran Semarang, hari ini ada kuota vaksin booster untuk 50 orang. Plt Kepala Puskesmas Pandanaran, Agus Susanto mengatakan pendaftaran sudah dibuka hari Selasa (12/1) dan langsung memenuhi kuota.

"Kuota hari ini 50. Tadi malam dibuka (pendaftaran) langsung antusias banyak. Sebelum dibuka juga banyak yang tanya," kata Agus ditemui detikcom di Puskesmas Pandanaran, Rabu (12/1/2022).

Agus menerangkan, pendaftaran vaksin booster untuk Kota Semarang bisa dilakukan di victory.semarangkota.go.id, dengan syarat memiliki e-ticket yang artinya sudah divaksin dua kali sebelumnya. Tempat penyuntikan vaksin booster dan vaksin Corona lainnya tidak dibedakan di masing-masing fasilitas kesehatan.

"Di sini vaksinnya ada Astrazeneca, Pfizer, dan Moderna," jelasnya.

Sementara di Puskesmas Bugangan, petugas sudah menyiapkan kuota 20-30 orang hari ini. Pihak Puskesmas juga melakukan jemput bola untuk lansia agar mendapatkan booster.

"Alhamdulillah sangat senang masyarakat, datang ke Puskesmas langsung. Kita kan ada vaksin mobile. Jemput bola door to door," kata Kepala Puskesmas Bugangan, Samsudin.

Salah satu warga yang mendapatkan vaksin booster, Marta Sugiarti (73) mengatakan cukup senang dengan booster ini dan dia merasa baik-baik saja setelah disuntik.

"Ndak (tidak) rasa apa-apa ini. Pokoknya kita sudah siap. Terimakasih sekali karena sudah dapat booster ini," kata Marta.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam menjelaskan vaksin booster sudah bisa dilakukan di 37 Puskesmas dan beberapa rumah sakit di Kota Semarang. Syaratnya yaitu usia di atas 18 tahun dan sudah suntikan kedua, 6 bulan lalu.

"Yang bisa lakukan booster yang sudah 6 bulan (lakukan vaksin kedua). Nah ini nanti kita memakai stok yang ada di logistik di Dinkes. Jadi yang untuk minggu ini ada beberapa yang sisa kita kalau tidak salah 30 ribu, akan pakai dulu karena dosis yang dipakai kan separuh," kata Hakam ditemui detikcom di Puskesmas Bugangan.

Hakam menyebut, kuota vaksinasi booster untuk masing-masing puskesmas masih belum banyak karena memang masih ada vaksin suntikan pertama, kedua, dan vaksinasi anak-anak yang harus dilakukan.

"Mereka kan masih lakukan v1 (vaksin pertama), usia 6-11, ada v2 (vaksin kedua). Kalau tidak ada kegiatan lain 200 (dosis) bisa. Tapi ini kan masih ada kegiatan v1 dan v2," pungkasnya.

(aku/sip)