Gedung Arsip Sukoharjo Terbakar Semalam, Begini Kondisi Terkininya

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Minggu, 09 Jan 2022 11:58 WIB
Ilustrasi kebakaran
(Ilustrasi oleh: Edi Wahyono/detikcom)
Sukoharjo -

Bagian belakang gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, terbakar pada Sabtu (8/1) malam. Kini puing-puing bekas kebakaran itu telah dibersihkan.

Terlihat buku-buku dan arsip yang terbakar itu sudah dikumpulkan menjadi satu. Ada pula rak kayu yang juga terbakar.

Selain buku-buku dan arsip, sebuah kendaraan roda tiga juga turut terbakar parah. Kendaraan pengangkut barang itu berisi perabotan seperti piring.

Bagian belakang gedung Arpusda yang terbakar itu berfungsi sebagai gudang yang menyimpan arsip-arsip yang sudah tidak terpakai. Beruntung api tidak menjalar ke gedung utama.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Sukoharjo, Margono, mengatakan pihaknya menerima laporan kebakaran itu pukul 18.40 WIB. Api telah padam pukul 19.20 WIB, kemudian dilanjutkan dengan pendinginan.

"Kami mengirimkan 4 unit armada Damkar Sukoharjo dan 1 Unit Mobil Tangki suplai air beserta personelnya," ujar Margono, kemarin.

Adapun dokumen yang terbakar adalah arsip yang tidak terpakai dan akan dimusnahkan. Selain dokumen, ada satu kendaraan roda tiga yang turut terbakar.

"Ada arsip dan kendaraan roda tiga milik Pemkab Sukoharjo yang terbakar," kata Margono.

Terkait penyebab kebakaran, Margono berujar, pihaknya masih menyelidiki. Namun berdasarkan keterangan saksi, ada warga yang sempat membakar sampah di sekitar lokasi.

"Sementara masih kami selidiki, tapi dari saksi menyebut ada yang sempat bakar sampah," ujar Margono.

(dil/sip)