Kebakaran Hanguskan 2 Rumah Warga di Wonosobo

Uje Hartono - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 13:07 WIB
Kebakaran dua rumah warga di Wonosobo, Kamis (6/1/2022).
Kebakaran dua rumah warga di Wonosobo, Kamis (6/1/2022). (Foto: dok BPBD Wonosobo)
Wonosobo -

Kebakaran menghanguskan dua rumah warga di Desa Reco, Kecamatan Kretek, Wonosobo, Jawa Tengah, pagi tadi. Kebakaran baru berhasil dipadamkan sejam kemudian.

"Tadi mulai terlihat api jam 09.00 WIB. Ada dua rumah warga yang terbakar. Dua rumah itu dihuni enam jiwa," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo Bambang Trie saat dihubungi detikcom, Kamis (6/1/2022).

Warga sekitar langsung memadamkan kebakaran dengan peralatan seadanya. Satu unit mobil damkar datang saat kebakaran telah padam.

"Kami sebenarnya sudah mengirim 1 unit mobil damkar dan 1 unit tangki untuk membantu pemadaman. Tetapi, saat mobil damkar sampai lokasi api sudah padam. Tinggal standby beberapa waktu," terangnya.

Berdasarkan keterangan warga, api mulai muncul dari salah satu rumah warga yang tengah melakukan penggarangan jagung.

"Warga sedang menggarang jagung dengan api di bawah. Saat melakukan penggarangan jagung ditinggal pergi sarapan. Tiba-tiba api sudah besar dan membakar dua rumah," jelasnya.

Penghuni rumah terpaksa diungsikan di rumah saudaranya. Dalam kesempatan ini Bambang menyampaikan harapan agar setiap desa memiliki water tank menggunakan drum untuk mengantisipasi kebakaran.

"Didukung pompa air fleksibel. Sehingga upaya pemadaman bisa cepat dilakukan," pungkas dia.

(sip/ahr)