ADVERTISEMENT

Round-Up

Fakta-fakta dari Trio Emak Semarang Diamankan Terkait Perjokian Vaksin

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 08:01 WIB
Tiga wanita tertangkap basah terlibat dalam perjokian vaksin di Semarang
Joki Vaksin di Semarang. (Foto: Foto Angling Adhitya Purbaya/detikcom)

Sedangkan IO mengaku kebetulan mengenal DS dan DS sedang butuh uang. IO sendiri juga mengaku tidak memperoleh bagian apapun. Kemudian DS memang memerlukan uang sehingga tertarik dengan tawaran tersebut. Ia mengaku baru kali ini menjadi joki, sebelumnya ia memang pernah disuntik vaksin namun itu memang bagiannya.

"Saya sudah 2 kali vaksin, atas nama saya sendiri. Sebelumnya belum pernah jadi joki, baru kali ini. Karena ada upahnya," kata DS.

Ketiga ibu-ibu itupun mendapat peringatan dan menyatakan permohonan maaf dan tidak akan mengulang lagi perbuatannya. Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar mengatakan pihaknya akan bermusyawarah dengan pihak terkait soal kasus ini karena memang belum terjadi penyuntikan.

"Selanjutnya nanti kita akan musyawarahkan karena ini kan peristiwa tidak sempat terjadi tetapi yang ingin kami sampaikan ini jangan menjadi contoh karena sebagaimana yang tadi diungkapkan, tidak membantu pemerintah dalam penanganan penanggulangan wabah," jelas Irwan.

Irwan juga memperingatkan tiga ibu-ibu tersebut kalau sebenarnya kasus tersebut bisa dikenakan Pasal 14 Ayat (1) UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang wabah penyakit menular yang menyebutkan bahwa barang siapa dengan sengaja menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah sebagaimana diatur dalam undang-undang ini, diancam dengan pidana penjara selama-lamanya 1 tahun.

"Jangan diulangi ya, Bu," kata Irwan kepada tiga orang tersebut.


(mbr/mbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT